DANLANTAMAL VII HADIRI APEL GELAR PASUKAN KESIAPSIAGAAN PENANGANAN BENCANA ALAM

Lantamal VII – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa menghadiri Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam saat Pandemi Covid-19 Polda NTT tahun 2020, bertempat di Lapangan Mapolda NTT, Jl. Soeharto No.03 Kota Kupang, NTT. Rabu, (11/11/2020).

Kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanganan Bencana Alam saat Pandemi Covid-19 Polda NTT tahun 2020 dengan Inspektur Upacara Wakapolda NTT Brigjen Pol Ama Kliment Dwikorjanto dengan susunan pasukan terdiri dari , 1 Peleton Babinsa, 1 Peleton Marinir, 1 Peleton Lanud Eltari, 1 Kompi Gabungan Polda NTT, 1 Kompi Gabungan Basarnas dan Damkar kota Kupang dan 1 Peleton Pol PP kota Kupang.

Dalam amanatnya, Wakapolda NTT Brigjen Pol Ama Kliment Dwikorjanto selaku Inspektur Upacara menyampaikan “bahwa momentum apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dan masyarakat yang turut berperan aktif dalam rangka kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam.”

Selain itu Wakapolda NTT juga menyampaikan beberapa penekanan yang perlu menjadi perhatian kita bersama dalam upaya penanggulangan bencana antara lain “ untuk memetakan potensi bencana yang terjadi diwilayah masing-masing; memiliki SOP pencegahan dan penanggulangan bencana; melakukan koordinasi secara baik dengan instansi lintas sektoral guna meminimalisasir dampak yang ditimbulkan baik korban jiwa maupun materil dan satuan tugas yang sudah terbentuk agar berkoordinasi dengan stakeholder lainya.

Selesai pelaksanaan apel gelar pasukan dilanjutkan pemeriksaan material oleh Forkopimda Provinsi NTT yang di ikuti Tamu Undangan.

Kegiatan ini sejalan dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam kutipan ”Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.” 

Hadir dalam kegiatan Danlantamal VII Laksma TNI I Gusti Kompiang Aribawa, Wakapolda NTT, Danlaunud Eltari Kupang, Kasdim 1604, Asisten 1 Kota Kupang, Kajati Prov.NTT, Perwakilan Kantor BNPB Prov.NTT, Perwakilan dari Basarnas Kupang, Perwakilan perhubungan Prov.NTT, Kepala Kasbangpol, Kepala TVRI Kupang, Kepala PLN Wilayah kota Kupang, Kepala kejaksaan kota Kupang, Irwasada Polda NTT, Kakanwil PLN Prov. NTT, Perwakilan dari Kabinda NTT, Kepala Jasa Raharja Kota Kupang, Kepala RRI Kota Kupang, Direktur Pos Kupang, Perwakilan Pol PP Provinsi NTT, Perwakilan Walikota Kupang.

By. Dispen Lantamal VII