Peringati Hari Pahlawan Tahun 2020, Wadan Lantamal VI Bacakan Amanat Mensos RI

Makassar, Dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November 2020, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) melaksanakan Apel khusus bertempat di lapangan Arafuru Mako Lantamal VI, Selasa (10/11/2020).

Apel khusus tersebut sebagai pengganti dari Upacara Bendera memepringati Hari Pahlawan Tahun 2020 yang dipimpin langsung oleh Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Y. Rudi Sulistyanto, S.E., dan dihadiri oleh para Asisten Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar, Danyonmarhanlan VI, Dansekesal Makassar, Karumkit Jala Ammari Lantamal VI serta para Kadis dan Kasatker Lantamal VI.

Dalam pelaksanaan apel khusus memperingati Hari Pahlawan ini, Wadan Lantamal VI membacakan amanat Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari P. Batubara di hadapan para peserta Apel khusus tersebut.

Dalam amanatnya, Mensos RI menyampaikan bahwa Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Meskipun di tengah pandemi covid, peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna, bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus Bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan. Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan bahwa “….hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar……..”, demikian isi amanat Mensos RI ini yang dibacakan langsung oleh Wadan Lantamal VI.