Jelang Peringatan HUT ke-75 Korps Marinir, Dankomar Ziarah ke TMP Pura Kusuma Negara Tegal dan Sambangi pelaku sejarah CA lV Tegal

Lantamal V, 09 November 2020.—
Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono M.Tr.(Han) bersama rombongan berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Jl. Melati Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Senin (9/11).

Dalam kegiatan tersebut hadir turut mendampingi Komandan Korps Marinir antara lain Asintel Dankormar Kolonel Mar Bambang Wahyuono S.A.P., Aspers Dankormar Kolonel Mar I Made Sukada, S.E., CHRMP, Kadispen Kormar Letkol Mar Gugun Saeful Rachman, Koorsmin Dankormar Letkol Mar Bambang Dillianto, M.Tr. Hanla, Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, M.Tr. Hanla., CHRMP, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P., Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo, S.I.K., M.H., dan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M.

Pada press Conferensinya Dankomar Mayjen TNI (Mar) Suhartono mengatakan, kegiatan ziarah merupakan salah satu kegiatan dalam rangka HUT ke -75 Korps Marinir yang diperingati setiap 15 Nopember.

“Ada beberapa kegiatan. Salah satunya ziarah ke makam pahlawan, khususnya Korps Marinir. Dulu di Tegal ini ada CA IV (Corps Armada IV) Tegal, di dalamnya ada Korps Marinir. Dan ada 66 anggota Korps Marinir yang gugur dan dimakamkan di sini,” kata Dankomar.

Pada kesempatan yang sama Dankormar juga bersilaturahmi anjangsana dan berikan tali kasih ke mantan pejuang kemerdekaan BKR Laut Kopral CM Bakri yang bertempat tinggal tidak jauh dari TMP Kota Tegal.

Selain ziarah ke TMP di Tegal, rombongan Dankomar akan berlanjut ziarah ke TMP di Kabupaten Pemalang, Pekalongan hingga Batang. “Jadi ada beberapa makam yang selama ini memang sering kita ziarahi. Termasuk di Batang, kampung kelahiran saya,” kata Suhartono.

Selain ziarah di Tegal Dankormar juga mengecek jembatan dan prasasti Kapten Warih Prabowo pejuang CA.lV yang gugur berada di Desa Wanarata Pemalang dan meninjau monumen Tugu Soetomo di Desa wanarata.

Sementara itu, menyambut peringatan HUT Pahlawan yang jatuh 10 Nopember, Dankormar Mayjend TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han) menyampaikan pesan kepada masyarakat. “Seperti pesan dari Presiden Soekarno, Jas Merah, jangan melupakan sejarah,” pesan Dankomar.

“Kebetulan kami Korps Marinir melakukan jejak langkah sejarah yang selama ini ditinggalkan oleh para pendahulu dan sesepuh kita,” sambung dia.

Menurutnya, Korps Marinir hanya sebagian kecil komponen masyarakat yang ketika dulu turut berjuang mempertahankan kemerdekaan. “Tentunya banyak pelaku sejarah yang gugur baik yang dikenal maupun tidak dikenal. Mari kita sama sama mengingat kembali perjalanan sejarah bangsa ini. Mulai dari merebut, mempertahankan kemerdekaan, dan sekarang mengisi kemerdekaan,” kata dia.

Dia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap bisa berkontribusi positif dalam mengisi kemerdekaan saat ini. “Mari apa yang bisa kita lakukan untuk NKRI sesuai dengan bidang kita masing-masing,” pungkasnya.

Kegiatan Ziarah Taman Makam Pahlawan sebagai menghargai jasa para pahlawan dan suatu bentuk penghormatan. Kegitan ini selaras dengan Perintah Harian KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yakni membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman dan juga kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi instistusi, masyarakat, bangsa dan negara.