ASOPS DANLANTAMAL VII RESMI TUTUP LATIHAN SAR TW.IV TA.2020

Lantamal VII – Asisten Operasi (Asops) Danlantamal VII Kupang Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe secara resmi menutup Latihan Search And Rescue (SAR) Lantamal VII Tri Wulan IV TA.2020, bertempat di Ruang Rapat Satrol  Lantamal VII, Jl. Supul Raya, Bolok, Kab. Kupang, NTT. Jumat, (06/11/2020).

Kegiatan penutupan Latihan Search And Rescue (SAR) Lantamal VII Tri Wulan IV TA.2020 oleh Asops Danlantamal VII Kupang Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe di Ruang Rapat Satrol Lantamal VII, yang dihadiri Dansatrol Lantamal VII Letkol Laut (P) Tonny Sundah, M.Tr. Hanla., selaku Palaklat, Dankal Weling II-7-15 dan seluruh peserta latihan. Latihan Search And Rescue (SAR) prajurit Mako Lantamal VII Tri Wulan IV Tahun Anggaran 2020 dilaksanakan tanggal 03 November 2020. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kesiapsiagaan Prajurit Lantamal VII agar selalu siap sedia, apabila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan di laut. Sehingga prajurit Lantamal VII di semua unsur selalu siap ketika terjadi hal tersebut.

Asops Danlantamal VII Kupang Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe pada Latihan Search And Rescue (SAR) Lantamal VII Tri Wulan IV TA.2020 membacakan sambutan Komandan Lantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, dalam kutipan “ Acara penutupan yang kita selenggarakan ini, menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan latihan SAR tahun 2020 yang diikuti oleh personel Lantamal VII. Latihan SAR ini merupakan wujud dari upaya untuk membina, memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit serta kesiapan operasional unsur-unsur Lantamal VII, dalam menjaga keterpaduan antar instansi terkait dalam pelaksanaan tugas pencarian dan pertolongan di laut. Latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dan unsur-unsur Lantamal VII, mengukur kemampuan dalam tugas pencarian, penyelamatan dan pertolongan guna mengurangi atau memperkecil dampak kerugian kecelakaan di laut, baik personel maupun material, yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap keberhasilan dalam operasi SAR, baik tugas perorangan, satuan, maupun gabungan. Kegiatan latihan SAR ini mutlak diperlukan, mengingat perubahan lingkungan strategis yang sangat dinamis saat ini tentunya berpengaruh terhadap perubahan bentuk penanganan permasalahan yang muncul di medan tugas. Saya yakin dari hasil pelaksanaan latihan Ini, seluruh peserta telah mengerti dan memahami materi-materi latihan seperti : prosedur dan teknik penyelenggaraan SAR; organisasi SAR dan manajemen SAR; pertolongan dan penyelamatan korban di air; teknik pencarian korban di laut, sistem komunikasi SAR; sarana prasarana dan peralatan SAR; peraturan dan Ketentuan-ketentuan terkini mengenai SAR Laut, standarisasi kemampuan personel maupun peralatan SAR laut serta komando dan kendali SAR. Kegiatan latihan ini tentunya tidak akan berjalan lancar tanpa adanya pemahaman materi-materi secara mendalam oleh segenap peserta latihan. Secara garis besar, kegiatan latihan Search and Rescue (SAR) dapat terlaksana sesuai rencana, aman dan tanpa adanya hambatan yang berarti. Kendala dan Kekurangan yang terjadi selama latihan hendaknya dapat dievaluasi dan dicarikan solusi pemecahan yang terbaik serta dijadikan masukan kepada pimpinan untuk Kesempurnaan latihan selanjutnya. Laksanakan perbaikan secara berkesinambungan terhadap proses latihan yang telah dilaksanakan sehingga bisa memberikan kontribusi positif demi tercapainya Lantamal VII sebagai pangkalan yang handal dan professional. Sehingga Kesiapsiagaan kita sebagai salah satu Pangkalan TNI Angkatan Laut akan selalu siap dan pembinaan profesionalitas Prajurit senantiasa tertap terjaga.”

Kegiatan Latihan Search And Rescue (SAR) Lantamal VII Tri Wulan IV TA.2020 menindaklanjuti Perintah Harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam kutipan “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi ancaman. Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

 

/ Dispen Lantamal VII