Danlanal Yogyakarta Dukung Upaya Percepatan Pengoperasian Pelabuhan Perikanan Tanjung Adi Karto Untuk Kepentingan SSAT

Lantamal V, 05 November 2020.—
Dalam upaya mendukung percepatan pengoperasian pelabuhan perikanan Tanjung Adi Karto Kulonprogo Yogyakarta, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II Kolonel Marinir Harry Indarto, S.E., M.M. turut berperan aktif melalui kegiatan pendampingan Staf Kemenpolhukam RI melaksanakan peninjauan langsung di kawasan pelabuhan perikanan Tanjung Adi Karto Kulonprogo DIY. Kamis (5/11).

Peninjauan tersebut dalam rangka untuk mendapatkan data dan informasi terkait sinkronisasi penataan gelar kekuatan pertahanan dan keamanan dengan pembangunan nasional di provinsi DIY, dengan staf Kemenkopolhukam RI antara lain Brigjen TNI Suparjo selaku Asdep 4/IV Deputi Bidkoor Hanneg, Kolonel Inf Kartika Adi Kepala Bidang Kerjasama Pertahanan, Kolonel Laut (S) Taufik Wijoyo Kepala Bidang Kekuatan Kemampuan Pertahanan, Dian Pratiwi Staf Administrasi, adapun pejabat wilayah turut dalam kegiatan antara lain Kolonel Marinir Harry Indarto, S.E., M.M. Danlanal Yogyakarta, Ir. Bayu Mukti S. Kadislautkan DIY, R. Heri Sulistyo H., S.Pi, M.T Sekdis Dislautkan DIY, Drs. H. Sutedjo Bupati Kab. Kulonprogo, Mayor Inf Didiet Tri L. Kasdim 0731/KP, Kapten Inf Wiyono Danramil 01/Wates dan Peltu Ang Agus Wijayanto Danposmat Karangwuni.

Rangkaian peninjauan diawali dengan melihat secara langsung kondisi break water di sisi timur pelabuhan, dilanjutkan peninjauan dan acara dengar pendapat di gedung Serba Guna pelabuhan. Dalam kesempatan tersebut Bupati Kab. Kulonprogo menyampaikan beberapa hal antara lain ucapan terimakasih atas kunjungan dan peninjauan langsung dan inilah kondisi riil sampai saat ini pelabuhan belum bisa beroperasi dikarenakan faktor teknis yakni break water yang belum sepenuhnya selesai dibangun dan adanya sedimentasi pasir laut yang tinggi, sudah 15 tahun setelah dibangun pelabuhan belum beroperasi, semoga dengan kegiatan ini segera dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dan pelabuhan segera dapat beroperasi.

Usai kegiatan peninjauan di pelabuhan Tanjung Adi Karto, Danlanal Yogyakarta bersama staf Kemenkopolhukam RI melaksanakan peninjauan gelar unsur kekuatan TNI AL di wilayah Kab. Kulonprogo yakni di Posmat Karangwuni dan Posmat Congot jajaran Lanal Yogyakarta. Dengan Peninjauan bersama staf Kemenkopolhukam RI ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada Lanal Yogyakarta untuk meningkatkan kemampuan dan kekuatan gelar unsur TNI AL di wilayah pantai selatan Jawa yang berbatasan dengan perairan negara Australia serta sebagai wujud komitmen dan kesungguhan jajaran Lanal Yogyakarta dalam upaya mendukung percepatan pengoperasian pelabuhan perikanan Tanjung Adi Karto, yang kedepannya diharapkan dengan beroperasinya pelabuhan perikanan Tanjung Adi Karto dapat mendukung KRI melaksanakan gelar operasi Kamla.

Upaya meningkatkan gelar kekuatan dan kemampuan Pangkalan sebagai salah satu unsur penting dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) sejalan dengan arah dan tujuan dari kebijakan pimpinan yang tertuang pada Perintah Harian Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yakni tingkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan SSAT yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi.