Lanal Yogyakarta Laksanakan Bimtek Bidang Pelaksanaan Anggaran dan Belanja Negara Tahun 2020

Lantamal V, 04 November 2020.—
Dalam upaya tertib administrasi mekanisme pelaksanaan anggaran dan belanja negara di lingkungan Satuan Kerja (Satker) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II, perwakilan tiap-tiap Satker mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Mekanisme Pelaksanan Anggaran dan Belanja Negara Tahun 2020, bertempat di Mako Sementara Lanal Yogyakarta, Jl. Wiyoro 21 Baturetno Banguntapan Bantul Yogyakarta pada Rabu (4/11).

Bimtek secara resmi dibuka oleh Kepala Akuntansi (Ka Akun) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (S) Agus Herjito mewakili Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Harry Indarto, S.E., M.M yang pada saat bersamaan mengikuti rakor koordinasi pemberdayaan wilayah pertahanan bersama staf Kemenkopolhukam di Kodim 0734/Yka, adapun hadir pada pelatihan bimtek sebanyak 24 orang adalah perwakilan Prajurit dan PNS di lingkungan Satker Lanal Yogyakarta.

Ka Akun menyampaikan beberapa hal antara lain ucapan terimakasih kepada para peserta pelatihan yang sudah ditunjuk dan hadir mewakili tiap-tiap Satker, tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang mekanisme pelaksanan anggaran belanja negara tahun 2020.

“Diharapkan peran aktif seluruh personel menanyakan sedetil-detilnya sampai benar-benar mengerti, sehingga dengan adanya pelatihan ini Lanal Yogyakarta mampu berperan dalam tertib aturan dalam mekanisme pelaksanaan anggaran dan belanja negara tahun 2020 sesuai dengan aturan dan mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan negara guna mendukung pelaksanaan tugas pokok serta sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat”, ungkap Ka Akun mengakhiri sambutannya.

Acara dilanjutkan sesi tanya jawab dan diskusi terkait kendala dan solusi dalam pelaksanaan pertanggung jawaban keuangan di Lanal Yogyakarta. Upaya pelatihan bimtek Lanal Yogyakarta tersebut selaras dengan Perintah Harian Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yakni jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara.