LANAL MATARAM BERPARTISIPASI DALAM PEMBAHASAN KESIAPSIAGAAN BENCANA DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA

Lanal Mataram – Kaurminpers Lanal Mataram Kapten Laut (KH) Gurkan mengikuti rapat tentang pembahasan awal kesiapsiagaan bencana di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, bertempat di Ruang Rapat Mandalika Kantor ITDC, Desa Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, NTB. Selasa (03/11/2020).

Rapat yang dihadiri sekitar 15 orang dipimpin oleh sdr. I Gusti Bagus Sugiartha diawali dengan laporan dari Sdr. Eko Prajoko (Perwakilan Unram) yang menyampaikan situasi bencana alam di wilayah Provinsi NTB sekaligus upaya penanganan bencana alam diwilayah NTB khususnya di wilayah Kawasa Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort.

Terpisah Sdr. Pari Wijaya dalam sebuah kesempatan menyampaikan bahwa ITDC ini akan memiliki event Nasional MotoGP sehingga diharapkan para pejabat kepala negara akan datang untuk menyaksikan acara tersebut, ITDC memiliki tanah seluas 1.250 hektar namun yang baru bisa dibebaskan 1.170 Hektar dan sisanya akan diselesaikan secepatnya dan untuk infrastruktur di wilayah Mandalika akan diselesaikan paling lambat tahun 2025.

Sedangkan Perwakilan BMKG BILZAM Bapak Ardi dalam kesempatan menyampaikan bahwa BMKG sendiri telah membuat Sensor Koil Datar 3-D mendeteksi bencana alam yang terjadi dan kami sudah memasangan alat tersbut di wilayah Bali, NTB dan NTT, khusus untuk wilayah NTB kami pasang di wilayah Kuta Mandalika dan Harapan dari BMKG kedepannya akan membuat sirine peringatan Tsunami di wilayah Kek Mandalika dan akan mengusulkan peralatan yang lebih canggih lagi.

Hadir dalam rapat tersebut diantaranya Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Imam T, Pasi Intelrem 162/WB Kapten Inf Asep Okinawa, Kaurminpers Lanal Mataram Kapten Laut (KH) Gurkan, sdr. Ardi Perwakilan BMKG BILZAM, sdr. Irsan perwakilan Basarnas Mataram, sdr. L. Hasnul Wadi dari Dinas Pariwisata Prov. NTB, Sdr. Made Utama dari Dinas Kesehatan Prov. NTB, sdr. Ilham dari DPU PR NTB, Sdr. Eko Prajoko Perwakilan Unram, Sdr. I Made Pari Wijaya Operation Head ITDC.

 

/ Dispen Lantamal VII