PJS. PASOPS LANAL MAUMERE HADIRI RAPAT KOORDINASI TENTANG KEGIATAN SIMULASI KEAMANAN DAN KESELAMATAN

Lanal Maumere – Pejabat Sementara Perwira Staf Operasi Pangkalan TNI AL (Pjs. Pasops Lanal) Maumere Mayor Laut (PM) Edy Wibowo mengikuti Rapat Koordinasi Tentang Kegiatan Simulasi Keamanan Dan Keselamatan Dengan Materi Skenario Peringatan Dini Tsunami, Skenario Serangan Jantung Dan Skenario Kecelakaan Kapal Terbakar Serta Materi Tambahan Penanganan Covid-19, bertempat di Ruang Meeting Hotel Inaya Bay, Kelurahan Labuan Bajo Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Senin, (02/11/2020).

 

Kegiatan rapat ini merupakan langkah awal menyamakan persepsi untuk memastikan perlengkapan, sarana dan prasarana dapat dioperasionalkan sesuai kebutuhan, dan terintegrasi terkait gambaran penerapan keamanan dan keselamatan dalam rangka antisipasi kecelakaan kapal dan bencana.

 

Sambutan dari Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Irjen. Pol Adi Deriyan Jayamarta sebagai pemimpin rapat sekaligus Membuka Rapat secara resmi, beliau berharap agar sebelum dilaksanakan geladi sampai latihan simulasi agar setiap instansi/lembaga mengecek kesiapan baik personel maupun perlengkapan serta peralatannya untuk mendukung kelancaran, kesuksesan dan keselamatan dalam latihan simulasi.beliau juga menyampaikan informasi bahwa kalau tidak ada halangan Latihan simulasi ini direncanakan akan dilihat langsung atau lewat Vicon oleh Presiden RI Bpk Ir. Joko Widodo beserta para Dubes Negara-Negara sahabat/tetangga dan akan berdialog dengan  peserta latihan simulasi.

 

Sambutan Deputi Basarnas Pusat Marsda TNI Amirulloh, berharap agar latihan ini dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai fungsi dan tugas masing-masing instansi/lembaga sehingga latihan ini berjalan dengan lancar dan aman kalaupun ada kendala atau permasalahan pada saat geladi atau latihan bisa langsung menyampaikan ke beliau atau ke Komandan Latihan.

 

Paparan dari Danlat tentang persiapan, rencana dan pelaksanaan latihan simulasi Keamanan dan Keselamatan, beliau juga berharap agar para peserta rapat menyampaikan saran dan masukkan dari instansi/lembaga untuk kesuksesan latihan  karena kita semua dalam latihan ini sama dan tidak ada perbedaan sebagai pelaku latihan.

 

Kegiatan Rapat Koordinasi Tentang Kegiatan Simulasi Keamanan Dan Keselamatan Dengan Materi Skenario Peringatan Dini Tsunami, Skenario Serangan Jantung Dan Skenario Kecelakaan Kapal Terbakar Serta Materi Tambahan Penanganan Covid-19 selaras dengan dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.” 

 

Turut Hadir dalam Rapat tersebut Inspektur Jenderal Polisi Adi Deriyan Jayamarta, Deputi Basarnas Pusat Marsda TNI Amirulloh, Direskrim Polda NTT Kombes Pol Novri, Dirpamovit Polda NTT Kombes Pol Genre, Kakansar Maumere Bapak Putu, Direktur BOP Labuan Bajo, Kepala BMKG Mabar, Kepala BNPB Mabar, Direktur RSUD Komodo, Dinas Kesehatan Mabar, Waka Polres Mabar Kompol Suardana, Pabungdim 1612/Mgg Mayor Inf. Adi, Pjs. Pasops Lanal Maumere Mayor Laut (PM) Edy wibowo, Dankal Balibo Lanal Maumere Lttu Laut (P) Malik Setiabudi, Pjs. Danposal Labuan Bajo Letda Laut (PM) Dedy Irwantoni, Kepala Bandara Komodo, Pilot TNI AL Kapten Laut (P) Al Amin (BKO Basarnas), Pilot TNI AU Mayor Pnb Lesy ( BKO Basarnas), Korlat Simulasi AKBP Bhakti, Kabag Ops Polres Mabar, Danki Brimob Mabar, Kasi Lat Basarnas NTT Bpk. Ardiansyah, Danpol Air NTT, KLHK Mabar Bapak. Alex, Perwakilan BMKG Bapak Endarwin, Media Sosial Pusat dan Lokal.

 

Sampai dengan selesainya Rapat Koordinasi Tentang Kegiatan Latihan Simulasi Keamanan Dan Keselamatan dalam keadaan tertib, aman dan lancar.

 

/ Dispen Lantamal VII