DANPOSAL LABUAN BAJO HADIRI RAPAT TINGKAT KABUPATEN MANGGARAI BARAT PERSIAPAN LATIHAN SIMULASI SAR GABUNGAN TAHUN 2020

Lanal Maumere – Danposal Labuan Bajo Letda Laut (PM) Dedi Erwantoni menghadiri rapat dalam rangka persiapan Kegiatan Latihan Simulasi SAR Gabungan dan Keselamatan Tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Labuan Bajo dengan pimpinan rapat Wakil Gubernur NTT Drs. Josef Nae Soi, M.M., bertempat di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat , Wae Kalambu, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, NTT. Senin (02/11/2020).

Wakil Gubernur NTT Bpk Drs. Josef Nae Soi M.M, dalam sambutannya saat membuka secara resmi rapat persiapan latihan gabungan menyampaikan terima kasih kepada  Menko Maritim dan Investasi karena sudah memilih penyelenggarakan latihan gabungan simulasi ini di Labuan Bajo sebagai persiapan untuk mendukung destinasi wisata super prioritas premium sehingga simulasi ini diharapkan mengurangi kesalahan-kesalahan yang fatal apabila terjadi bencana alam sesungguhnya.

 

“Kita sebagai unsur Pemda harus mempersiapkan peta rawan bencana yang ada di Kab. Manggarai Barat (Mabar) Khususnya di Labuan Bajo. Pemberian ijin harus memperhatikan lokasi dan tempat yang jauh dari lokasi rawan bencana dan signal-signal di Labuan Bajo diharapkan memenuhi standar Internasional (6 bahasa)”, ujar Wakil Gubernur NTT.

 

Terpisah, Koordinator Latihan Gabungan Simulasi Irjen Pol. Adi Deriyan Jayamarta dalam arahannya menyampaikan “bahwa Latihan Gabungan Simulasi Protokol Keamanan dan Keselamatan ini karena Indonesia ditetapkan sebagai Zona Merah oleh negara-negara Asia maupun ASEAN dan Indonesia tidak memiliki Protokol Keamanan dan Keselamatan. Yang ada hanya perkesatuan atau lembaga  saja, dan terpisah-pisah BNPB, BMKG, BASARNAS, TNI/POLRI sendiri-sendiri.”

 

“Labuan Bajo dipilih untuk latihan gabungan simulasi protokol keamanan dan keselamatan karena pada tahun 2023 akan hadir disini seluruh kepala-kepala negara di dunia dalam rangka pertemuan G20 dan Asian Summit sehingga latihan ini akan didokumentasikan sebaik mungkin untuk di explose ke seluruh daerah maupun luar negeri dengan tujuan antara lain : Membuat citra Indonesia positif dan aman dimata dunia; Memberikan kepercayaan kepada wisatawan lokal maupun luar negeri bahwa Labuan Bajo aman untuk dikunjungi dan Mensinergikan Posko pengamanan terpadu gabungan dengan seluruh komponem terkait”, ujar  Irjen Pol. Adi Deriyan Jayamarta.

 

Turut Hadir dalam rapat tersebut Wagub NTT. Drs. Josef Nae Soi M.M.; Irjen Pol. Adi Deriyan Jayamarta; Bupati Mabar Drs. Agustinus  Ch. Dula; Sekda Mabar Ismail Surdi; S.PKP.; Seluruh Kepala Dinas Pemda Kab. Mabar; Kepala BMKG Mabar; Kepala BNPB Mabar; Direktur RSUD Komodo; Kepala Bandara Komodo; Waka Polres Mabar; Pabung Kodim 1612/Mgr; Danposal Labuan Bajo; Danki Brimob Mabar; Kasi Lat Basarnas NTT; Direktur BOP Labuan Bajo; Danpos TNI AU; Kepala Syahbandar Labuan Bajo; Kepala Unit ASDP Labuan Bajo; Kepala LHK Mabar serta Kepala Satpol PP Mabar.

 

/ Dispen Lantamal VII