PRAJURIT POSAL KAMPUNG BARU BANTU SELAMATKAN KORBAN KAPAL NELAYAN TENGGELAM DI PERAIRAN TELUK BALIKPAPAN

TARAKAN – Pos TNI AL (Posal) Kampung Baru merupakan Posal dibawah jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan, dibawah Komando Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan. Sekira pukul 07.30 Wita, bertempat di Pelabuhan Jetty Chevron Balikpapan telah dilaksanakan penyelamatan terhadap korban laka laut di Perairan Teluk Balikpapan yang mengakibatkan 8 orang nelayan tenggelam, Jum’at (30/10/20).

Kejadian tersebut bermula dari 8 orang nelayan yang bertolak melaut dari daerah Manggar pada hari Kamis (29/10/20) sekira pukul 06.00 Wita untuk melaksanakan giat memancing dan pada pukul 18.00 Wita, tiba-tiba kapal menabrak sebatang kayu hingga mengakibatkan kapal karam dan tenggelam. Pada saat kejadian, MV. Lyric Star Philipina yang melintas di perairan Teluk Balikpapan pada koordinat 01 23 9.096 S – 117 02 36,34 T melihat ada beberapa orang terapung meminta pertolongan, kemudian diselamatkan dan dilaporkan kepada SROP Balikpapan, yang selanjutnya laporan tersebut diteruskan kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan.

6 orang korban yang selamat di kapal MV. Lyric Star Philipina tersebut selanjutnya dijemput oleh RB 408, Alkom dan alat SAR Air dari Jetty Chevron, untuk selanjutnya dibawa ke RS. Bhayangkara guna mendapatkan penanganan medis. Hasil keterangan dari 6 orang korban selamat, masih ada 2 orang teman korban belum diketemukan. Adapun identitas 6 korban selamat antara lain, Saiful Anwar (28 tahun), alamat Dodikjur Manggar, Aris Sarwanto (28 tahun), alamat Km. 3 Padat Karya, Balikpapan Utara, M.Tahir/Nakhoda (48 tahun), alamat Jl. H. Raden, Teritip, Balikpapan Timur, Ruli Hartono (39 tahun), alamat Kariangau, Balikpapan Barat, Ari Murdani (30 tahun), alamat TPA Manggar, Balikpapan Timur dan Edi Saputra (24 tahun), alamat Km. 8 Batu Ampar, Balikpapan Utara.

Pada pukul 11.50 Wita, telah ditemukan 1 orang korban atas nama Aziz asal Km. 5 Batu Ampar, Balikpapan Utara oleh Nelayan Manggar, namun masih ada 1 orang korban yang masih belum ditemukan dan selanjutnya dilaksanakan pencarian oleh Tim SAR Gabungan menuju Perairan Manggar menggunakan KN. 408 dengan membawa peralatan SAR Air milik Kansar Balikpapan.

Adapun unsur SAR Gabungan yang terlibat antara lain, Basarnas Balikpapan, Personel Pos TNI AL Kp. Baru, Polsek KP3 Semayang, Polair KP3 Semayang, RB. 408 Rescue KPP, Balikpapan, MV. Lyric Star, Srop Balikpapan, Rescue BANDA Balikpapan dan Tim relawan Garuda Balikpapan.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.