KORCAB XIII DJA II IKUTI PEMBUKAAN PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN WIRAUSAHA

TARAKAN – Koordinator Cabang XIII Daerah Jalasenastri Armada II (Korcab XIII DJA II) yang diwakili oleh Kasie Budaya Ny. Sabono Wantoro, mengikuti kegiatan pembukaan Program Pengabdian Masyarakat melalui Pelatihan Wirausaha Baru Bagi Para Pengrajin Pada Daerah Wisata Labuan Bajo dan Sekitarnya secara virtual yang berlangsung di Kantor Korcab XIII DJA II, Jl. Yos Sudarso, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu (31/10/20).

Digelarnya webinar tersebut yakni karena adanya potensi wisata Labuan Bajo yang sangat besar, sehingga pemerintah menetapkan Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas. Pada kesempatan tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Dharwa Wanita Persatuan (DWP), bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bersinergi bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta PT. Telkom Indonesia dalam rangka penumbuhan Wirausaha Baru dan Regenerasi Perajin untuk mendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo.

Selain pelatihan, pendampingan dalam proses promosi dan pemasaran juga akan dilakukan, seperti halnya pada simpul-simpul transportasi, baik Bandar Udara, Pelabuhan, Penyeberangan, Stasiun maupun Terminal Bus. Ditempat-tempat tersebut akan disediakan outlet/ruang pamer untuk dapat memasarkan hasil karya dari para pengrajin Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang telah dilatih, sehingga kedepannya akan dilakukan kerjasama dengan pihak-pihak lainnya untuk dapat lebih mengembangkan pelatihan bagi pengrajin pemula.

Turut tergabung dalam webinar tersebut antara lain, Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas Ny. Endang Budi Karya, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ditjen Hubud Ny. Wahyu Novie Riyanto, Anggota Bidang Wirausaha Baru Dekranas Ny. Franka Nadiem Makarim dan Pic Wirausaha Baru Dekranas Wilayah Labuan Bajo Ny. Hetty Andika Perkasa.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.