KRI Bima Suci Latihan RAS Dengan KRI TUM DI Selat Malaka

TNI AL, Koarmada II, Surabaya 30 Oktober 2020.

 

Guna meningkatkan profesionalisme prajurit, KRI Bima Suci yang sedang melaksanakan Satgas Pelayaran Operasi Bima Suci (BSC) 2020 dalam rangka mendukung Latihan Praktek (Lattek) Kartika Jala Krida (KJK) 2020 menggelar latihan RAS bersama KRI Teuku Umar 385, Kamis (29/10/20).

Berada di Selat Malaka, tepatnya di perairan Utara Pulau Bengkalis KRI TUM 385 yang sedang melaksanakan Operasi Benteng Samudera 20 dibawah kendali Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I memulai latihan dengan mendekati lambung kiri KRI BSC setelah bendera “R” setengah.

 

Lebih lanjut KRI BSC menaikan bendera “R” penuh dan posisi KRI TUM sejajar di lambung kiri KRI BSC, Sosok tanda olah gerak terbatas-pun mulai dinaikkan oleh kedua kapal. KRI BSC mulai menembakkan Gunline yang diikuti oleh KRI TUM untuk mengirimkan tali yang dilanjutkan dengan pelaksanaan Mailbag Transfer Station Keeping. Setelah selesai proses pengiriman barang, kedua kapal pun menurunkan Sosok terbatas olah gerak dan KRI TUM-pun melaju ke depan KRI BSC.

Komandan Satgas pelayaran  OBS Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla. menyampaikan “Kesempatan latihan bersama KRI TUM 385 ini merupakan upaya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit KRI Bima Suci sekaligus menjadikan sarana pembelajaran bagi para Taruna/Taruni Tingkat III Angkatan ke-67 yang sedang on board dan belajar di KRI Bima Suci”, jelas Letkol Waluyo-sapaan karib Dansatgas OBS.

 

“Disamping itu, kegiatan latihan ini sebagai implementasi dari Program Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Pembangunan SDM TNI AL yang unggul. Diharapkan dengan latihan bersama ini akan meningkatkan pengetahuan bagi para Taruna/Taruni sebagai bekal pada saat penugasan kelak”, imbuh Letkol Waluyo.

Dalam pelaksanaan latihan RAS tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sebagai tindak lanjut dari penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. kepada Komandan Satgas OBS guna mencegah penularan Covid-19.

 

(KRI BSC)