SEBELUM MENUTUP LATIHAN, DANLANTAMAL VII SAKSIKAN SIMULASI PENGAMANAN PILKADA

Lantamal VII – Kegiatan Latihan Pengamanan Pemilihan Kepala  Daerah (Pilkada) serentak di Wilayah Lantamal VII TA. 2020, ditutup langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal VII, Jl. Supul Raya, Bolok, Kota Kupang, NTT. Rabu (28/10/2020).

Dalam kegiatan latihan yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 26 sampai 28 Oktober 2020, ada beberapa materi latihan yang telah diberikan kepada para peserta latihan, di antaranya adalah Materi Kelas yang membahas tentang HAM (Hak Asasi Manusia), Perbantuan TNI kepada Polri, serta Rule of Engagement (ROE) tentang bagaimana TNI memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah dan Polri.

Sebelum pelaksanaan penutupan latihan, terlebih dahulu dilaksanakan simulasi penanganan dan pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 dan melaksanakan koordinasi terkait langkah–langkah yang akan di lakukan dalam menangani aksi anarkis dari masyarakat yang diperagakan langsung oleh Prajurit serta PNS Lantamal VII.

Materi latihan dengan simulasi drill taktis penanggulangan dan aplikasi pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 ini disaksikan langsung oleh Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa beserta pejabat utama Lantamal VII.

Dalam sambutannya saat menutup latihan, Dalantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa menyampaikan bahwa, “Latihan adalah nafas serta jiwa dari setiap prajurit, sehingga kesungguhan dalam melaksanakan latihan adalah hal yang mutlak dan menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas dimasa yang akan datang”.

“Untuk itulah pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit Lantamal VII karena sudah melaksanakan latihan Pengamanan Pilkada ini dengan penuh tanggung jawab dan semangat tinggi dalam mengaplikasikan seluruh kemempuannya untuk mendinamisasikan latihan ini secara optimal”, lanjut Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa.

“Saya mengharapkan bila sewaktu-waktu digerakkan Prajurit Lantamal VII mampu beraksi dengan sigap sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi di lapangan serta tetap memahami tentang pentingnya Sinergitas TNI-Polri dalam Pengamanan Pilkada dan tetap menjaga Netralitas”, tambah Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danlantamal VII; Wadan Lantamal VII; Para Asisten Danlantamal VII; Dansatrol Lantamal VII; Kakuwil Lantamal VII; Para Kasatker Lantamal VII; Danyonmarhanlan VII; serta Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal VII.

 

/ Dispen Lantamal VII