LANAL MATARAM BERSINERGI DENGAN UNSUR KOMINDA DALAM PENANGGULANGAN TERORISME DI NTB

Lanal Mataram – Dalam rangka pelaksanaan dan sinergitas antar Kementerian / Lembaga program penanggulangan terorisme di wilayah Nusa Tenggara Barat tahun 2020, Pasintel Lanal Mataram Mayor Laut (P) Thomas menghadiri Rapat Koordinasi Intelijen Hanneg dengan Unsur Kominda NTB, bertempat di di Hotel Kila Senggigi Beach Lombok, Jl. Pantai Senggigi, Desa senggigi, Kec. Baru layar, Kab. Lombok Barat, NTB. Selasa (27/10/2020).

Rapat Koordinasi Intelijen Hanneg dengan Unsur Kominda NTB dalam rangka pelaksanaan dan sinergitas antar Kementerian/Lembaga program penanggulangan terorisme di wilayah Nusa Tenggara Barat tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Sesmenko Polhukam, selaku Ketua Panitia Marsma TNI Andi M. Taufik dari Kemenkopolhukam.

Kegiatan di awali dengan Pembukaan acara rapat koordinasi Intelijen oleh Asrep Koordinasi Intelijen Pertahanan Kemenkopolhukam RI Marsma TNI Andi M. Taufik yang dalam sambutannya mengatakan bahwa, rakor ini dalam rangka membahas rencana aksi nasional dalam rangka penanggulangan teroris yang terdiri dari 38 Kementerian/Lembaga yang akan dilaksanakan di NTB. Selain di NTB, kegiatan ini juga dilaksanakan di Jatim dan Sulawesi Tengah. Terorisme ini juga bagian dari ancaman yang akan dilakukan ditanggulangi oleh TNI dalam rangka menjaga pertahanan negara.

Adapun penyampaian materi selama rapat koordinasi antara lain dari Kabinda NTB Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si, dengan materi tentang Perkembangan kelompok radikal teror terkini jaringan terorisme di wilayah NTB. Yang dilanjutkan dengan materi Perkembangan kegiatan sinergitas antara Kementerian/Lembaga program penanggulangan terorisme wilayah Nusa Tenggara Barat Tahun 2020 oleh Kepala Biro Perencanaan, Hukum, dan Hubungan Masyarakat BNPT Bpk. Bangbang Surono, Ak, M.M.

Selain itu juga disampaikan materi Tugas TNI dalam mengatasi terorisme di Indonesia oleh perwakilan Bais TNI Kolonel Arh Sony Andayani; Keterlibatan TNI didalam Kegiatan Sinergitas Antar Kementerian/Lembaga Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Nusa Tenggara Barat tahun 2020 oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani dan oleh Asisten III Prov. NTB / Ketua FKPT NTB Dr. Drs. H. Lalu Syafi’i, M.M., dengan materi Aksi Terorisme Dunia dan Upaya Penanggulangannya di Nusa Tenggara Barat.

Rapat Koordinasi diadakan untuk membangun sinergitas diantara aparat untuk membantu memudahkan penanggulangan terorisme di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Asrep Koordinasi Intelijen Pertahanan Kemenkopolhukam RI Marsma TNI Andi M. Taufik, Komandan Korem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos, SH, M.Han, Asisten III Prov. NTB / Ketua DKT NTB Dr. Drs. H. Lalu Syafi’i, M.M., Kabinda NTB Ir. Wahyudi Adisiswanto, M. Si., Kepala Biro Perencanaan, Hukum, dan Hubungan Masyarakat BNPT Bpk. Bangbang Surono, Ak, M.M., Kolonel Arh Sony Andayani perwakilan Bais TNI, Pasintel Lanal Mataram Mayor Thomas, Ka Intel Lanud ZAM Kapten Sus Rizal dan Perwakilan Polda NTB.

 

/ Dispen Lantamal VII