BERSAMA SKKMIGAS, DANLANTAMAL XIII BAHAS SOSIALISASI RENCANA KEGIATAN SURVEY LAUT EBA DAN PENGAMANAN KEGIATAN SKKMIGAS-PHE AMBALAT

TARAKAN – Bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKKMIGAS), Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Tarakan Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si. membahas sosialisasi rencana kegiatan survey laut Environmental Baseline Assessment (EBA) dan koordinasi pengamanan kegiatan SKKMigas-Pertamina Hulu Energi (PHE) Ambalat melalui video conference (Vicon) yang berlangsung di Ruang Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Mako Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (27/10/20).

Tergabung dalam vicon tersebut antara lain, personil SKK Kalsul dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PHE Ambalat Timur, personil Kontraktor KKKS PHE EA, Associate Senior Relations Officer dan Associate Senior HSSE Officer. Danlantamal XIII dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “sebagaimana kita ketahui pengamanan dan keselamatan merupakan faktor utama dalam pendistribusian Migas. Kita tahu bahwa jalur laut Indonesia sangat strategis, dalam proses pendistribusian kebutuhan minyak dunia tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Timur diantaranya, Korea, Jepang dan Cina dimana hampir 90% kebutuhan Migasnya diangkut melalui perairan Indonesia khususnya melalui Selat Malaka, Lombok, Sunda dan Selat Makassar. Tidak terkecuali perairan wilayah Ambalat yang berbatasan langsung dengan negara tetangga sehingga memungkinkan banyak terjadi ancaman, oleh karena itu kita dituntut untuk bersinergi dalam menjaga kegiatan Migas ini, agar berjalan aman dari potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang ada. Selain ancaman tersebut, aktifitas pertambangan juga harus terencana, terukur dan harus melakukan pengelolaan limbah pertambangan agar tidak membahayakan lingkungan. Untuk itu diperlukannya survei, guna mengetahui karakteristik area pembuangan limbah, tentunya kegiatan survei tersebut membutuhkan sinergi antar lembaga maupun instansi agar tercipta keamanan. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan kita bisa menyatukan pola fikir, menemukan formula yang efektif dan efisien untuk menjawab tantangan pengamanan dan keselamatan kegiatan survei EBA dimasa pandemi Covid-19. Dengan adanya pengamanan terintegrasi ini diharapkan seluruh stakeholder terkait dapat lebih meningkatkan kepekaan terhadap semua potensi ancaman dan peningkatan kemampuan dalam menjalankan strategi pengamanan yang baik”.

Turut hadir mendampingi Danlantamal XIII dalam vicon tersebut adalah Asintel Danlantamal XIII Kolonel Laut (T) Johari, S.T. dan Asops Danlantamal XIII Kolonel Laut (P) Yosafat Indarto, S.T.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.