SELESAI VICON DENGAN ASPOTMAR KASAL, DANLANAL MAUMERE SIAP WUJUDKAN PROGRAM KBN

Lanal Maumere – Komandan Lanal Maumere Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto beserta Perwira Staf Lanal Maumere mengikuti rapat jajaran Satkowil dan Non Satkowil dengan Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto melalui Video Conference, bertempat di Rupat Mako Lanal Maumere, Jalan Magepanda KM.10, Nangahore, Wuring, Kec. Alok Barat, Kab. Sikka, NTT. Senin (26/10/2020).

 

Dalam rapat tersebut dilaksanakan Paparan oleh Kadispotmar TNI AL Brigjen TNI (Mar) Nuri Andrianis Djatmika tentang Strategic Planning Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang merupakan tindak lanjut dari program yang telah dicanangkan dan digagas oleh Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Dimana untuk KBN tersebut telah diresmikan pada saat acara Panen raya dan peresmian Babinpotmar di Posal Tanjung Pasir Lantamal III Jakarta, pada tanggal 5 Agustus 2020 yang lalu. Di dalam program KBN diharapkan bisa memiliki 5 Klaster utama yaitu Klaster Edukasi, Klaster Ekonomi, Klaster Kesehatan, Klaster Pariwisata dan Klaster Pertahanan.

Selain itu pada program anggaran tahun 2021 diharapkan anggaran untuk pembentukan KBN di masing-masing Satkowil sudah bisa di keluarkan dan dalam membangun desa Pesisir KBN diharapkan Satkowil mampu bersinergi dengan Pemda, Pemprov dan lembaga pemerintahan setempat.

Adapun penekanan Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto pada akhir rapat diantaranya : 1) TNI AL masih belum Familier dengan Binpotmar, Bin Geo, Demo dan Komsos yang sangat penting dalam membentuk ruang dan kondisi kejuangan (RAK Juang) yang tangguh untuk mendukung Ketahanan Negara;  2) Tanggung jawab kegiatan Potmar merupakan tanggung jawab Komando/ Komandan; 3) Seluruh Prajurit merupakan Insan Potmar dan kegiatan Binpotmar harus berkelanjutan dan harus memiliki nilai manfaat.

Hadir pada acara Vicon tersebut Danlanal Maumere, Pasintel, Pasminlog, Dandenpomal dan Paspotmar Lanal Maumere.

 

/ Dispen Lantamal VII