Personil Lanal Banyuwangi Ikut Amankan Unras Penolakan UU Omnibuslaw Cipta Kerja

Lantamal V, 27 Oktober 2020.—
Aksi unjuk rasa (Unras) lanjutan Penolakan UU Omnibuslaw Cipta Kerja kembali terjadi, kali ini aksi unras terjadi di Kantor DPRD Banyuwangi yang dilakukan oleh kelompok massa yang mengatasnamakan kelompok Cipayung terdiri dari GMNI, PMII dan HMI, dengan korlap aksi Untung Aprilianto (Ketum HMII Cab. Banyuwangi) dengan jumlah massa 50 orang.

Untuk itu, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada II, menerjunkan personil dalam rangka mengamankan jalannya unras tersebut bersama personil Kodim 0825/Banyuwangi dan Polresta Banyuwangi, Senin kemarin (26/10).

Mewakili Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Joko Setiyono, S.E., M.Tr.Hanla, Dandenpomal Kapten Laut (PM) Suprapto, S.H., M.H, mengatakan kepada pengunjuk rasa agar tidak berbuat anarkis dalam menyampaikan aspirasinya dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Agar aksi unras tidak disusupi pihak lain diluar kelompok Cipayung, bersama Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara S, Dandenpomal melakukan sweeping terhadap peserta unras guna tertibnya jalannya unras dan memberikan arahan kepada semua peserta unras untuk fokus kepada penyampaian aspirasinya dengan tidak berbuat anarkis apalagi merusak fasilitas umum.

Keterlibatan TNI AL dalam hal ini Lanal Banyuwangi dalam setiap pengamanan aksi unras di Banyuwangi dan kegiatan-kegiatan yang lain sejalan dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam hal jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.