DANLANTAMAL VII PIMPIN UPACARA PEMBUKAAN DAN GELAR PASUKAN LATIHAN PENGAMANAN PILKADA SEBAGAI BENTUK KESIAPSIAGAAN PRAJURIT LANTAMAL VII

Lantamal VII – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Pembukaan Latihan Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Wilayah Lantamal VII, bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal VII, Jl. Supul Raya, Bolok, Kota Kupang, NTT. Senin (26/10/2020).

Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa dalam amanatnya, dalam kutipan “Berdasarkan undang-undang No.34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (2) disebutkan bahwa tugas pokok TNI adalah Menegakkan kedaulatan Negara, Mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Berdasarkan Pancasila dan UUD  45, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. Tugas pokok tersebut dilaksanakan melalui operasi militer untuk perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP), seperti penanggulangan terorisme, separatisme, membantu tugas pemerintahan di daerah, bantuan kepada Kepolisian dalam menjaga ketertiban masyarakat hingga penanggulangan bencana alam. Untuk itu Lantamal VII sebagai bagian dari TNI turut berkewajiban membantu pemerintah daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam mensukseskan agenda besar Pilkada serentak dengan baik, sehingga Pilkada dapat terlaksana dalam kondisi yang kondusif, damai, aman dan lancar.”

 

Masih dalam amanat Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa menyampaikan bahwa “Latihan Pengamanan Pilkada Serentak di Wilayah Lantamal VII tahun anggaran 2020 ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan para prajurit Lantamal VII dalam melaksanakan tugas bantuan kepada Pemda dan Polri dalam rangka pengamanan pemilihan Kepala Daerah yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Melalui latihan ini diharapkan seluruh personel yang terlibat pengamanan Pilkada nantinya mengerti apa yang harus diperbuat sehingga saat pelaksanaan pengamanan tidak menyalahi aturan. Hal ini penting agar dalam pelaksanaan pengamanan terjadi sinkronisasi dan saling memahami tentang tugas masing-masing sehingga tidak terjadi benturan antar sesama aparat di lapangan.

“Latihan pengamanan Pilkada ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Lantamal VII juga dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel, alutsista dan unsur pendukung sehingga sewaktu-waktu bila digerakkan mampu beraksi dengan sigap sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi di lapangan serta pemahaman tentang pentingnya sinergitas TNI – Polri dalam pengamanan Pilkada dengan tetap menjaga netralitas. Seluruh Prajurit Lantamal VII saat bertugas dimasa pandemi Covid-19 harus menjalankan anjuran pemerintah dengan tetap menjalankan social distancing, physical distancing dan menggunakan masker karena kemungkinan besar pada saat pelaksanaan Pilkada serentak pada bulan Desember mendatang masih dalam situasi pandemi”, lanjut Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa.

Kegiatan Upacara Pembukaan Latihan Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah di Wilayah Lantamal VII merupakan bentuk kesiapsiagaan Prajurit Lantamal VII, menindaklanjuti Perintah Harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam kutipan “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi ancaman. Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.  

Hadir dalam kegiatan tersebut Danlantamal VII; Wadan Lantamal VII; Para Asisten Danlantamal VII; Dansatrol Lantamal VII; Kakuwil Lantamal VII; Para Kasatker Lantamal VII; Danyonmarhanlan VII; Danlanudal Kupang serta Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal VII.

 

/ Dispen Lantamal VII