Pangkoarmada II Laksanakan “Briefing Awal” Latihan Pengamanan Obyek Vital Nasional

TNI AL Koarmada II, Surabaya 26 Oktober 2020.

 

Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan selaku Direktur Latihan (Dirlat) melaksanakan “ Briefing Awal” pada Latihan Pengamanan Obyek Vital Nasional Strategis TA 2020, yang dilaksanakan di Shelter Divisi Pantai Koarmada II pada Senin (26/10).

Kegiatan latihan ini dilaksanakan untuk  meningkatkan kemampuan, keterampilan dan kesiapan personel sebagai sumber daya manusia dalam organisasi TNI Angkatan Laut, dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan satuan dan alutsista TNI AL pada tugas pengamanan Obyek Vital Nasional (Obvitnas) Strategis.

Menurut Pangkoarmada II dalam sambutannya, Obvitnas merupakan  aset bangsa Indonesia yang sangat penting terutama yang ada di lingkungan organik TNI. Karena mempunyai nilai strategis untuk kesejahteraan masyarakat. “ PT. PAL dan Arsenal Batuporon termasuk dalam obvitnas yang merupakan bagian organik di lingkungan TNI AL, dan  mempunyai peran penting bagi bangsa dan negara baik ditinjau dari aspek politik, ekonomi, sosial, pertahanan dan keamanan, “ ujar Laksda TNI Sudihartawan, sapaan akrab Pangkoarmada II.

 

“ Obvitnas juga menjadi penunjang dalam mendukung operasi Militer, baik Operasi Milter Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Sehingga keberadaan, keamanan dan kelangsungannya perlu dijaga karena merupakan salah satu target utama musuh untuk mengganggu kepentingan nasional, “ lanjutnya.

Pada bagian lain Laksda TNI Sudihartawan menambahkan, jika kegiatan pamobvitnas  sejalan dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang Pembangunan Sistem Pembinaan Kekuatan dan Kesiapan Operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

“ Sehingga diharapkan para peserta bersungguh-sungguh melaksanakan latihan ini, karena mengandung nilai penting. Dan jangan lupa, selama latihan berlangsung tetap melaksanakan disiplin protokol kesehatan dalam upaya mencegah dan menanggulangi pandemik Covid-19,” tegas Laksda TNI Sudihartawan.

 

(Pen2).