ASOPS DANLANTAMAL VII HADIRI VICON SOSIALISASI UNCLOS 1982

Lantamal VII – Asisten Operasi (Asops) Danlantamal VII Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe bersama Perwira Korps Pelaut Mako Lantamal VII mengikuti kegiatan sosialisasi tentang United Nations Convention on The Law of the Sea (Unclos) 1982, yang sering disebut Konvensi PBB tentang Hukum Laut (Unclos) tahun 1982 secara video conference (Vicon), bertempat di Ruang Rapat Sops Mako Lantamal VII, Jl. Supul Raya, Bolok, Kota Kupang, NTT. Senin (26/10/2020).

Kegiatan sosialisasi Unclos 1982 melalui vicon dibuka oleh Asops Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setyono, S.E., M.M., tersebut diikuti oleh Perwira Pelaut Mako Koarmada II, III, Perwira Pelaut Guspurla/Guskamla II, III, Perwira Pelaut Lantamal/Lanal jajaran Koarmada II, III dan Perwira Pelaut KRI jajaran Koarmada II, III.

Dalam sambutannya saat membuka sosialisasi,  Asops Kasal Laksamana Muda TNI Didik Setyono, S.E., M.M., memberikan beberapa penekanan antara lain :  pemahaman dan pengaplikasian Unclos 1982 di lapangan sangat diperlukan guna menghindari kesalahan-kesalahan prosedur dan komplain dari pihak negara lain;  Unclos 1982 dan ROE dibuat untuk menghindari konflik, bukan malah sebaliknya. Semua permasalahan bisa dicarikan solusi dengan baik;  Penegakan hukum di laut memiliki kompleksitas yang tinggi menggunakan hukum nasional dan internasional dan para Komandan KRI  dan Pesud agar menjalin komunikasi yang baik dengan Kotas, jika ada hal-hal yang urgent PKSP laporkan Kotas.

Pada kesempatan terpisah, Kadiskumal Laksamana Pertama TNI Buntoro, S.H., LLM., Ph.D., memberikan materi sosialisasi mengenai Unclos tahun 1982 dan Kepentingan Indonesia. Acara sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan penutup.

Pada vicon ini sesuai petunjuk dalam Perintah Harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dengan kutipan “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi ancaman.”

 

Hadir dalam Sosialisasi dari Lantamal VII: Asops Danlantamal VII, Pabanren Srena Lantamal VII, Paban Bintahwil Dispotmar Lantamal VII, Dan KAL Weling II-7-15, Paset Satrol Lantamal VII.

 

/ Dispen Lantamal VII