DANPOSMAT FLORES TIMUR HADIRI RAPAT PENGUKUHAN TIMPORA TINGKAT KECAMATAN DI KABUPATEN FLORES TIMUR

Lanal Maumere – Komandan Pos Pengamat TNI AL (Danposmat) Flores Timur Serka Mes Muhammad Sangidun menghadiri rapat Pengukuhan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA)Tingkat Kecamatan dan Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Flores Timur, bertempat di Aula Hotel Sun Rise, Jln. Soekarno Hatta Weri- Larantuka Kab. Flotim, NTT. Kamis (22/10/2020).

 

Kegiatan Rapat Pengukuhan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) tingkat Kecamatan dan Rapat Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Flores Timur denganTema “Membangun Sinergitas Anggota Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di Era New Normal pada masa Pandemi Covid 19 tersebut di buka oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere Muhammad Wahyuni.

Dalam sambutannya yang mengawali kegiatan rapat Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere Muhammad Wahyuni menyampaikan bahwa mengingat situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 yang kita hadapi saat Ini, kita sebagai Aparatur yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang sudah semestinya bersinergi dalam menghadapi kondisi seperti ini. Adapun keberadaan orang asing untuk Pemegang Izin Tinggal Kunjungan (ITK) sebanyak 14 (empat belas) orang, Pemegang Izin Tinggal Terbatas (TTAS) sebanyak 6 (enam) orang dan Pemegang Izin Tinggal Tetap (ITAP) sebanyak 9 (sembilan) orang: Dengan Total Orang Asing sebanyak 29 (dua puluh sembilan) orang.

“Keberadaan Orang Asing tersebut memberikan dampak terhadap pembangunan di berbagai sektor diantaranya sektor pariwisata, budidaya kelautan terutama jenis mutiara, serta sektor keagamaan dan pendidikan. Untuk itu dalam kondisi pandemi seperti Ini kita harus bersinergi dalam mengawasi keberadaan dan kegiatan Orang Asing tersebut, jangan sampai ada penyalahgunaan Izin Tinggal serta tumpangan kepentingan seperti terorisme, Narkoba, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) apa lagi membawa dampak penyebaran Virus Corona dalam kondisi pandemi seperti ini”, Ujar Muhammad Wahyuni.

“Dibentuknya Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) diharapkan menjadi wadah komunikasi dan koordinasi terhadap deteksi dini Orang Asing yang melakukan pelanggaran karena terbenturnya jarak yang tidak dekat antara Maumere dengan Flores Timur serta terbatasnya Petugas Imigrasi khususnya di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere”, lanjut Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere Muhammad Wahyuni.

Terpisah, Wakil Bupati Flores Timur Agustinus P. Boli, S.H, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa Pemerintah Republik Indonesia telah mengeluarkan peraturan Presiden Nomor 21 tahun 2016 tentang Bebas Visa kunjungan, dimana Pemerintah telah mengambil bagian kebijakan untuk Kembali menambah jumlah negara negara subjek Bebas Visa. Adapun dasar pertimbangan disebutkan bahwa kebijakan ini perlu diambil untuk meningkatkan hubungan antara negara Republik Indonesia dengan negara lain dan juga dalam rangka memberikan manfaat yang lebih dalam peningkatan jumlah kujungan wisata mancanegara .

“Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing di tingkat Kecamatan di Kabupaten Flores Timur diharapkan menjadi wadah komunikasi dan koordinasi terhadap deteksi dini Orang Asing yang melakukan pelanggaran karena terbatasnya jarak antara Maumere dengan Kabupaten Flores Timur. Selain itu dalam kondisi pandemi seperti ini kita harus bersinergi dalam mengawasi keberadaan dan kegiatan Orang Asing tersebut, jangan sampai ada tumpangan kepentingan seperti terorisme, Narkoba, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) apalagi membawa dampak penyebaran Virus Corona dalam kondisi pandemi seperti ini. Sinergitas ini akan tercapai jika masing masing instansi aktif mengambil peran dalam pengawasan orang asing yang disesuaikan dengan tugas dan fungsi pokok masing masing. Walaupun keanggotaan dari Tim Pengawas Orang Asing hanya terdiri dari instansi instansi Pemerintah, saya berharap agar dimasa yang akan datang Tim Pengawasan Orang Asing dapat juga berkolaborasi dengan pihak pihak lain, yang juga memiliki perhatian besar terhadap pengawasan orang asing, guna mendukung kegiatan Tim Pengawasan Orang Asing ini”, ujar Wakil Bupati Flores Timur.

Dalam acara rapat tersebut juga dilaksanakan Penyerahan Rompi dan Wing Timpora secara simbolis kepada Bupati Flotim selaku penasehat Timpora Kabupaten Flores Timur, Penyerahan plakat Timpora kepada Bupati Flotim selaku penasehat Timpora Kabupaten Flotim, Pengukuhan Timpora Tingkat Kecamatan di Kabupaten Flotim oleh Wakil Bupati Flotim, Penyerahan Rompi Timpora secara simbolis kepada anggota Timpora Tingkat Kecamatan di Kabupaten Flotim oleh Wakil Bupati Flotim dan diakhiri dengan Foto bersama.

Turut hadiri dalam kegiatan tersebut yakni Wakil Bupati Flores Timur Agustinus P. Boli, S.H., Kepala Rutan Kelas IIB Larantuka Ahmad Sihabudin, A.Md.IP., S.H., M.H., Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Larantuka Daneil Kristian Klakik, Pasi Intel Kodim 1624/ Flotim di Wakili oleh Sertu Suwandar,.Kasat Intelkam Polres Flotim Ipda Markus F.S. Wangge, Kasi Intel Kejaksaan Flotim Larantuka Taufik Taddjudin, S.H., Komandan Pos Pengamatan TNI AL Larantuka Serka Mes Muhammad Sangidun, Kepala Kesbangpol Kab. Flotim Anderas Kewa Ama, Kabid Industrial dan syarat kerja Dinas Ketenaga kerjaan Kab. Flotim, Kepala Bidang Pengembangan Produk wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Flotim, Kabid pelayanan pendaftaran penduduk Dinas Dukcapil Kab. Flotim, Kepala Urusaan Agama Katholik Kantor Kemenag Larantuka, Anggota BIN Pos Daerah Kab. Flotim Mayor Inf Diky Prasetya, Para Camat Sekab Flotim (sebanyak 19 Kecamatan), Danramil 1624-01 Larantuka, Danramil 1624-02 Adonara, Danramil 1624- 05 Solor, Danramil 1624-06 Boru, Kapolsek Adonara Timur, Kapolsek Adonara Barat, Kapolsek Wulanggitang, Kapolsek Titihena dan Kapolsek Solor.

 

/ Dispen Lantamal VII