KAL BALIBO II-7-1 EVAKUASI 28 PENUMPANG KMP. PEMANA RAYA DI PERAIRAN PULAU PEMANA AKIBAT KERUSAKAN MESIN

 

Lanal Maumere – Kapal TNI AL (KAL) Balibo II-7-1 melaksanakan evakuasi 28 penumpang KMP. Pemana Raya, GT 43 No 295/00 dengan Capten Kapal Bapak Balli yang mengalami kerusakan mesin di perairan antara Pulau Pemana, Kec. Alok, Kab. Sikka, NTT. Rabu (21/10/2020).

Adapun kronologis kejadian, dimana Babinpotmar Desa Pemana Sertu Kom Deni Arganata dihubungi oleh Capt kapal KMP Pemana Raya Bapak Balli bahwa kapal mengalami kerusakan mesin di sekitar perairan Pulau Pemana dengan jarak 2,5 NM, selanjutnya Babinpotmar Pemana langsung menuju ke KMP Pemana Raya dengan menggunakan jolor (perahu nelayan) sekaligus menghubungi Komandan KAL Balibo II-7-1 Lettu Laut (P) Malik Setia Budi, untuk meminta pertolongan evakuasi KMP. Pemana Raya, yang dimana kebetulan posisi KAL Balibo II-7-1 sedang melaksanakan Operasi Keamanan Laut Terbatas di perairan Maumere dan sekitarnya.

Babinpotmar Pemana Sertu Kom Deni Arganata setelah tiba di KMP. Pemana Raya, selanjutnya menginfokan lokasi kejadian ke Komandan Kal Balibo II-7-1 yaitu pada koordinat 08°24’364 S – 122°17’738 T dengan Jarak 2,5 NM Dari Pelabuhan Pulau Pemana. Setelah KAL Balibo II-7-1 tiba di lokasi kejadian selanjutnya seluruh penumpang di evakuasi ke KAL Balibo II-7-1 untuk dibawa menuju ke Maumere, sedangkan KMP. Pemana Raya kembali ke Pulau Pemana untuk perbaikan.

Setelah KAL Balibo II-7-1 tiba di Dermaga III Pelabuhan Lorents Say Maumere, dilanjutkan debarkasi 28 orang penumpang KMP. Pemana Raya. Selama proses evakuasi penumpang KMP. Pemana Raya yang mengalami kerusakan mesin di Perairan Pulau Pemana, selesai dalam keadaan aman dan lancar dan seluruh ABK dan Penumpang KMP. Pemana Raya dalam keadaan selamat dan aman.

 

By. Dispen Lantamal VII