Dansatgas SAR Pimpin Kaji Ulang Latihan Penyelamatan Kapal Selam Tahun 2020

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 22 Oktober 2020.

Setelah sukses melaksanakan Manuver Lapangan (Manlap) sebagai puncak Latihan Penyelamatan Kapal Selam Tahun 2020, Komandan satuan Kapal Cepat Koarmada II Kolonel Laut (P) Rio Henrymuko yang sekaligus selaku Dansatgas SAR melaksanakan kaji ulang latihan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Satuan Kapal Selam Koarmada II pada Kamis (22/10).

Latihan yang dilaksanakan di perairan Pasir Putih Situbondo pada Selasa (20/10) ini, dalam rangka menindaklanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam upaya meningkatkan kemampuan, kesiapan operasional dan keterpaduan unsur-unsur dalam melaksanakan SAR terhadap Kapal Selam. Serta uji doktrin dalam pelaksanaan operasi penyelamatan kapal selam.

Dalam paparannya Kolonel Laut (P) Rio mengatakan, “ Tahapan latihan yang telah dilaksanakan mulai dari Tahap Perencanaan, dimulai dengan penyiapan personel dan melaksanakan pembekalan serta drill/latihan, juga penyiapan sarana dan prasarana latihan. Selanjutnya pada Tahap pelaksanaan yang dimulai dengan Gladi Posko, Tactical Floor Game (TFG) dan gelar kelengkapan & pengecekan kesiapan peralatan sebelum manlap dapat terlaksana dengan baik, “ ungkapnya.

“ Sedangkan pada Tahap Manuver Lapangan (Manlap), seluruh Unsur KRI, Jaring Komunikasi, Tim Recovery escapee maupun Tim kesehatan/medis/penanganan escapees baik yang berada di darat maupun di KRI mampu melaksanakan tugas dengan baik, “ lanjut Kolonel Rio.

Kolonel Rio juga menambahkan, pada Tahap Pengakhiran, pergeseran unsur-unsur kembali ke pangkalan/rahops serta menginventarisir seluruh peralatan dan kelengkapan baik personel maupun material berjalan lancar dan aman. “ Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta latihan atas kerjasama sehingga latihan dapat dilaksanakan dengan baik dan aman, “ tandasnya.

Sementara itu Pangkoarmada II Laksda TNI I NG Sudihartawan berharap dengan terlaksananya latihan ini, Koarmada II selaku Kotama Operasional dan Kotama Pembinaan mampu mewujudkan kemampuan satuan-satuan di jajarannya agar siap operasional serta mampu meningkatkan profesionalisme dan kemampuan prajurit Koarmada II menuju TNI AL yang handal dan disegani .

(Pena2).