Pangkoarmada II Pimpin Acara Tradisi Penerimaan Perwira Remaja

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 21 Oktober 2020.

Sebanyak 59 orang perwira remaja atau Paja lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-65, mengikuti acara penerimaan sebagai prajurit baru Koarmada II. Acara tradisi yang dipimpin langsung oleh Pangkoarmada II Laksda TNI I NG Sudihartawan, didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Ria Sudihartawan di Dermaga Madura Ujung Surabaya, Rabu (21/10).

Acara yang dilaksanakan tepat saat Sang Fajar menyingsing ini, merupakan tradisi yang digelar sebagai simbol penyambutan terhadap para Perwira Remaja Lulusan AAL yang telah resmi sebagai prajurit Koarmada II. Mereka nantinya akan ditempatkan di satuan jajaran Koarmada II sesuai dengan korps masing-masing.

Tradisi diawali dengan pengucapan ikrar oleh para Perwira Remaja. Selanjutnya Pangkoarmada II menyiramkan “Tirta Amertha Putera Samudera Dewa Ruci” di dalam segayung air bunga kepada setiap paja, yang dijadikan sebagai doa restu dan harapan agar mereka kelak bisa menjadi Pemimpin TNI AL yang tangguh, handal, mumpuni dan berintegritas.

Dalam krisisnya, Laksda Sudihartawan berharap para Paja AAL angkatan 65 dalam kedinasan mampu memberikan perubahan dan kemajuan dalam wujud inovasi, loyalitas, dedikasi dan kreativitas.

Selain itu orang nomor satu jajaran Koarmada II ini juga mengingatkan para Paja, mengenai profesionalisme serta wajib prajurit TNI terbaru yakni Sapta Marga, Delapan Wajib TNI, serta Sumpah Prajurit.

“Para Perwira bisa menampilkan sikap militan dan profesional dalam berbagai aspek, serta menjadi teladan dalam penerapan Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Sapta Marga. Selain itu kalian juga harus bijak dalam menggunakan media sosial, jauhi narkoba dan godaan-godaan duniawi lainnya yang bisa merugikan diri sendiri sesuai petunjuk Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, “tegas Laksda Sudihartawan

(Pena2).