DANLANTAMAL VIII HADIRI PERESMIAN GEDUNG PENGADILAN TERPADU

Manado, 20 Oktober 2020…. Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas menghadiri acara peresmian Gedung Pengadilan Terpadu di Kima, Mapanget, Manado. Selasa (20/10).

Peresmian gedung di kawasan seluas 10 hektar tersebut dilaksanakan bersamaan dengan 61 Gedung Pengadilan seluruh Indonesia yang dipimpin Ketua Mahkamah Agung Dr. H Muhammad Syadruddin, S.H., M.H., secara virtual.

Untuk wilayah Manado terdapat beberapa Gedung Pengadilan yang diresmikan diantaranya Pengadilan Negeri, Pengadilan Militer III-17, Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Tata dan Gedung Pengadilan Agama. 

Dalam sambutannnya, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan bahwa Gedung Pengadilan yang hari ini diresmikan, akan mempengaruhi bahkan membentuk pola pikir dan pola kerja pengadilan. Kemegahan arsitektur bangunan harus sebanding dengan keagungan visi dan karyanya, saya berharap gedung yang baru saja diresmikan, akan berkontribusi aktif bagi terwujudnya keagungan lembaga peradilan sesuai visi misi dan nilai utama Mahkamah Agung yaitu “Mewujudkan Keadilan Yang Agung”. 

Pembangunan gedung Pengadilan Terpadu di Manado yang menelan biaya 153 Miliar, dan disusun secara multiyears sejak tahun 2018 s.d. 2020, merupakan Pilot Project dari upaya Mahkaman Agung membangun sistem pelayanan hukum yang terintegrasi, ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Sekprov Sulut Edwin Silangen S.E. M.S., Ketua Pengadilan Tinggi Manado H. Arif Supratman, S.H., M.H., Kapolda Sulut Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si., Kajati Sulut Andi Muh. Iqbal Arief, S.H., M.H., Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Danlanudsri Kolonel Pnb Abram Tumanduk.