PRAJURIT TNI AL “SANTUN” INGATKAN MASYARAKAT TENTANG PROTOKOL KESEHATAN

Lantamal V, 19 Oktober 2020.—
Lihat Aksi santun namun tetap tegas, saat para prajurit TNI AL dari Yonmarhanlan V, memberikan arahan kepada masyarakat yang ditemukan tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di tempat umum, salah satunya yaitu di wilayah Pacar Keling, Surabaya Timur. Senin (19/10).

Dalam mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Surabaya, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V, berperan aktif dengan mengerahkan ratusan personel baik dari Pangkalan Utama TNI AL, maupun dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V, dalam Satuan Tugas Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 Lantamal V, BKO Kodam V Brawijaya di wilayah Surabaya.

Dikatakan oleh Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S..E., M.M., M.Soc., Sc, saat melaporkan perkembangan kondisi terkini di wilayah kerjanya kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bahwa, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di wilayah tanggung jawabnya, saat ini Komandan Lantamal V bertindak sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pelabuhan, yang berada di bawah Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) serta di bawah Kogabwilhan II.

“Lantamal V telah mengerahkan 250 personel dalam mendukung Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 yang tersebar di wilayah Surabaya Utara, Surabaya Timur hingga Pelabuhan Surabaya”. Ungkap Komandan Lantamal V.

Asops Danlantamal V Kolonel Laut (P) Bimo Sutopo, saat meninjau langsung pelaksanaan Satgas di wilayah Surabaya menyampaikan, agar seluruh prajurit tetap melaksanakan tugas dengan berpedoman kepada protokol kesehatan, dimana harus tetap melaksanakan Physical Distancing, menggunakan masker serta menjaga kebersihan diri karena dihadapkan dengan situasi Pandemi Covid-19.

Senada dengan itu, Danyonmarhanlan V Letkol Marinir Andi Ichsan, S.H., M.M., yang juga turut meninjau pelaksanaan Satgas di lapangan menekankan kepada prajurit yang tergabung dalam Satgas, agar tetap humanis saat memberikan himbauan pada masyarakat.