LANAL MELONGUANE KEMBALI TINGKATKAN PENGAWASAN PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 BAGI PARA PENGGUNA LAUT DI PINTU MASUK WILAYAH PERBATASAN TERUTARA NKRI

MELONGUANE (18/10/2020) – Di hari ke-215 pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Lanal Melonguane kembali meningkatkan pengawasan protokol kesehatan Covid-19 bagi para pengguna laut, baik di atas kapal laut yang sedang berlayar maupun bagi para penumpang yang turun dari kapal laut di pelabuhan. Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan bahwa hanya adanya satu kapal penumpang yang masuk ke Talaud pada hari Sabtu ini dimungkinkan akan menimbulkan kenaikan yang signifikan jumlah penumpang dan barang yang diangkut oleh kapal penumpang tersebut sehingga sangat rentan menjadi klaster penyebaran Covid-19 apabila para penumpang dan penyedia jasa angkutan laut tidak secara disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama pelayaran.

Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr. Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane mengerahkan KAL Pulau Karakelang untuk melaksanakan sidak/pemeriksaan di tengah laut terhadap kapal penumpang yang sedang berlayar untuk memastikan bahwa protokol kesehatan Covid-19 benar-benar dilaksanakan serta meningkatkan perkuatan Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Darat dengan tenaga medis dari Balai Pengobatan Lanal Melonguane untuk melaksanakan desinfektasi, penertiban penggunaan masker serta pemeriksaan kesehatan bagi para penumpang yang turun di Pelabuhan. Kegiatan tersebut juga disertai dengan pembagian masker bagi para penumpang yang tidak menggunakan masker atau mengganti masker yang sudah cukup lama dipakai selama dalam perjalanan/pelayaran.

 

Berkenaan dengan kegiatan tersebut Danlanal Melonguane berharap dapat membantu mempertahankan wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud tetap menjadi zona hijau serta meningkatkan kenyamanan para pengguna laut. Operasi simpatik yang dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pengguna laut baik para penumpang maupun pihak penyedia jasa angkutan laut untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.