DANLANTAMAL VII SAMBUT TARUNA/TARUNI AAL LATTEK JALASESYA

Lantamal VII-Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII Laksamana Pertama (Laksma) TNI IG. Kompiang Aribawa pimpin Acara Penyambutan Lattek Jalasesya Taruna Akademi TNI AL (AAL) Angkatan Ke-68 TA.2020. Bertempat di Dermaga Lantamal VII, Jl. Supul Raya, Bolok, Kupang, NTT. Senin, (19/10/2020).

Dalam pelaksanaan Lattek Jalasesya Taruna AAL Angkatan Ke-68 TA.2020 dengan menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Makasar-590, juga menindaklanjuti perintah Kepala Staf TNI AL (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M, diantaranya latek Taruna agar diberikan pengetahuan dan pengalaman yang membekali agar familiar dengan kehidupan KRI, KRI pendukung Latek siswa Kodiklatal / Taruna harus yang KRI kondisi siap operasional. KRI Makassar-590 di komandabi oleh Letkol Laut (P) Mariono.  

Pada Kesempatan tersebut Danlantamal VII memberikan sambutan, dalam petikan “kepada komandan beserta ABK KRI Makassar-590, para Taruna dan Taruni AAL tingkat II Angkatan ke-68 kami mengucapkan selamat datang di bumi Flobamorata. Latihan praktek Jalasesya bagi Taruna/Taruni tingkat II merupakan salah satu materi ajaran dalam kurikulum pendidikan pertama TNI Angkatan Laut tingkat Akademi. Sasaran yang akan dicapai pada tahap latihan ini adalah agar Taruna tingkat II, khususnya Korps Pelaut, Teknik, Elektronik, Korps Suplai dan Korps Marinir dapat mengenal secara langsung kehidupan di laut, Peraturan Dinas Dalam khas TNI Angkatan Laut serta menanamkan dan menumbuhkan jiwa Bahari serta kejuangan sebagai prajurit pejuang Matra Laut serta mampu meningkatkan Fisik dan Mental yang kuat dengan mengaplikasikan materi latihan ilmu dasar kepelautan prajurit Matra Laut, seperti mengenal karakteristik kapal, pengoperasian alat-alat komunikasi dan navigasi, mesin pokok, mesin bantu, alat komunikasi, elektronika dan sistem navigasi kapal, administrasi umum personel, pembekalan, keuangan dan fungsi KRI dalam mendukung operasi Amfibi. Ilmu dan pengalaman yang didapat selama kegiatan pelayaran ini dijadikan sebagai bekal para Taruna/Taruni saat nanti menjadi Perwira. Latihan Jalasesya yang melibatkan seluruh Taruna/Taruni tingkat II ini, juga memberikan pengalaman kepada para Taruna/Taruni peran dan fungsi Pangkalan dalam hal ini Lantamal VII dalam memberikan dukungan kepada unsur-unsur operasi TNI dan TNI AL Para. Sebagai generasi muda calon pemimpin TNI dan TNI AL masa depan, para Taruna/Taruni harus memiliki kepedulian dan kepekaan yang tinggi terhadap Visi Maritime yang dulu pernah membuat bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki pelaut-pelaut handal dan tangguh yang mampu menjaga dan mengamankan wilayah laut nusantara dengan baik, serta menjadikan laut sebagai wahana perhubungan, perdagangan dan sumber kehidupan rakyat.”

“Taruna AAL Angkatan ke-68 ini juga terdapat 1 (satu) Taruna perwakilan putra terbaik dari NTT yaitu Sersan taruna marinir Refand Jubelciano Ndun. Saya juga berharap Kegiatan ini dapat ketertarikan elemen masyarakat untuk mengenal lebih dekat calon-calon Perwira TNI Angkatan Laut yang merupakan calon-calon pemimpin TNI Angkatan Laut dimasa yang akan datang. Lattek Jalasesya ini, juga sekaligus sebagai media promosi di daerah-daerah yang disinggahi, hal ini untuk menunjukkan kepada masyarakat dan putera daerah setempat tentang keberadaan TNI AL khususnya Akademi Angkatan Laut, yang senantiasa ikut berperan aktif dalam menyelenggarakan pendidikan bagi calon Perwira TNI AL di masa yang akan datang, sehingga diharapkan akan memberikan kesan Positif, yang pada akhirnya nanti para generasi muda Indonesia khususnya di NTT akan tertarik untuk menjadi Taruna/Taruni AAL” Danlantamal VII menambahkan dalam sambutannya.

Hadir dalam acara penyambutan Kadet Akademi TNI AL (AAL) Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat; Danlantamal VII Kupang Laksma TNI I G. Kompiang Aribawa; Wakapolda NTT Brigjen Pol A. Kliment; Kabinda NTT Brigjen TNI Adrianus S. A. Nugroho S. Sos., M. Tr; Danlanud Eltari Kupang Kolonel Pnb Bambang Juniar Djatmiko S. Sos; Wadan Lantamal VII Kupang Kolonel Marinir Djentaju Suprihandoko; Kajati NTT Pathor Rahman; Wakil Walikota Kupang dr. Hermanus Man; Kasipersrem 161/WS kolonel CAJ Cristian I Bengu; Asrena Danlantamal VII Kolonel Laut (P) Edhy Supriyono, S.T.; Asintel Danlantamal VII Kolonel Laut (S) Widi Hartono A.Md; Asops Danlantamal VII Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe, Aslog Danlantamal VII Letkol Laut (T) Dedi Noferi, S.E. ; Aspers Danlantamal VII; Aspotmar Danlantamal VII Kolonel Laut (P) Yuyus Wahyudin, Letkol Mar Drs. Maryono, M.M; Dansatrol Lantamal VII Letkol Laut (P) Tonny Sundah; Danlanudal Kupang Letkol Laut (E) Nasrul Hasarudin; Para Kadis dan Kasatker Lantamal VII Kupang, Ketua Korcab VII DJA II dan Pengurus, Tamu Undangan  serta Saka Bahari Lantamal VII Kupang.

 

/ Dispen lantamal VII