PERSONEL POSAL KUMAI BERSINERGI DENGAN APARAT TERKAIT BENTUK TIM DAYUNG

TARAKAN – Pos TNI AL (Posal Kumai) merupakan Posal dibawah jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin, dibawah komando Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) yang berkedudukan di Kabupaten Kotawaringin Barat. Dalam rangka persiapan mengikuti lomba dayung pada peringatan HUT Kotawaringin Barat, baru-baru ini Prajurit Posal Kumai bersinergi dengan aparat terkait membentuk Tim Dayung yang selanjutnya diberi nama Tim Dayung Sinergi Kumai.

Berawal dari Kepala KSOP Kumai meminta bantuan kepada personel Posal Kumai untuk mengikuti lomba dayung, sehingga Danposal Kumai Letda Laut (P) M. Sholeh Rio memerintahkan anggotanya Serda Keu Lutfi untuk mengikuti kegiatan tersebut. Selanjutnya tim berkumpul di halaman Kantor KSOP untuk membahas rencana giat dan teknis pelaksanaan latihan. Karena belum ada personel yang bersedia ditunjuk untuk melatih tim, kesepakatan diminta untuk TNI AL (Posal) memberikan pelatihan Dayung terhadap tim. Dalam kesepakatnya, personel Posal Kumai membentuk satu tim dayung yang bernama Tim Dayung Sinergi Kumai, adapun jumlah personel satu Tim Dayung Sinergi Kumai sesuai jumlah yang dibutuhkan sebanyak 12 orang, yang terdiri dari gabungan personel Koramil, Posal, Polairud dan KSOP.

Perkembangan dilapangan ada beberapa tim yang juga ikut bergabung dilatih Posal Kumai atara lain, Tim Saka Bahari Kumai, Tim Baruna SMKN 3 Pelayaran Kumai dan Tim Insan Perhubungan Kumai. Selanjutnya tim akan berlatih secara terjadwal sampai dengan pelaksanaan Lomba Dayung Pemuda Bantaran Sungai Arut dalam rangka HUT Kabupaten Kotawaringin Barat Ke-61 yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23 s.d 25 Oktober 2020. Perlombaan tersebut merupakan salah satu even terbesar di Kalteng yang diikuti oleh 33 tim dayung dari Prov. Kalteng.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.