Wasrik BPK RI Di Koarmada II Berakhir

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 16 Oktober 2020.

 

Setelah berjalan  selama kurang lebih 30 hari, kegiatan Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) yang dilakukan oleh BPK RI pada Unit Organisasi TNI AL di Koarmada II akhirnya selesai.

Hal tersebut ditandai taklimat akhir yang di bacakan oleh ketua Tim wasrik sekaligus Penyampaian Kesimpulan dan Temuan Wasrik BPK RI atas Belanja Modal TA 2019 dan Semester 1 TA 2020 pada Unit Organisasi TNI AL bertempat di Gedung Candrasa Mako Koarmada II Ujung, Surabaya pada Jum’at (16/10/2020).

 

Pada kesempatan ini atas nama Pangkoarmada II, Laksma TNI Arief Muchtarom  menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota tim wasrik BPK RI yang telah melaksanakan kegiatan pemeriksaan di lingkungan Koarmada II secara profesional.

Sementara itu dalam sambutan tertulisnya, Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan yang dibacakan oleh Irkoarmada II Laksma TNI Arif Muchtarom mengungkapkan bahwa wasrik merupakan salah satu fungsi manajemen dalam upaya menjamin produktivitas, efisiensi dan efektivitas pengelolaan sumber daya untuk  mencapai  tugas organisasi. Serta menjawab tuntutan perkembangan lingkungan, yang mendorong semakin pentingnya penerapan sistem manajemen modern. Dimana aspek akuntabilitas dan transparansi merupakan persyaratan utama yang harus dipenuhi.

 

Selanjutnya menurut Pangkoarmada II untuk dapat menjamin tercapainya tugas yang optimal, sangat dibutuhkan adanya proses perencanaan yang cermat dan akurat disertai dengan supervisi yang dapat menyentuh pelaksanaan seluruh kegiatan. 

“ Hal ini membuktikan bahwa fungsi dan peran wasrik menjadi semakin penting dan temuan-temuan obyektif dari tim wasrik sangat dibutuhkan bagi peningkatan kinerja organisasi, sebaliknya berbagai permasalahan yang belum dapat dipecahkan oleh pelaku organisasi akan dibantu oleh tim wasrik dalam mencari solusi pemecahannya, “  tandas Laksda TNI Sudihartawan dalam sambutan tertulisnya.

 

Pangkoarmada II  berharap, hasil dari pemeriksaan ini dapat memberikan manfaat yang dapat digunakan sebagai masukan yang positif dalam memperbaiki kekurangan agar dicapai sasaran pembinaan yang lebih optimal, untuk memperkecil kemungkinan menyimpang dari aturan dan program yang telah direncanakan.

 

Diakhir acara, Wakil Penanggung Jawab 1 Tim Wasrik BPK RI Bapak Edy Witono menyerahkan secara simbolis hasil temuan wasrik yang dilaksanakan oleh timnya kepada perwakilan dari beberapa satuan kerja di lingkungan Koarmada II.