Komandan Kolatarmada II Tutup Pelatihan KPPK Cawak KRI Posepa-870 dan KRI Escolar-871

TNI AL, Koarmada II, Surabaya 15 Oktober 2020

 

Komandan Komando Latihan (Kolat) Koarmada II Kolonel Laut (P) Mulyadi, secara resmi menutup Pelatihan Kesatuan Persiapan Pengambil Kapal (KPPK) Calon Pengawak KRI Posepa-870 dan KRI Escolar-871. yang berlangsung di gedung  Mandalika Kolat Koarmada II, pada Kamis (15/10).

Tercatat sebanyak 72 personel mengikuti pelatihan ini, yang telah berlangsung selama kurang lebih 14 hari. Adapun materi yang dilatihkan kepada para peserta meliputi refreshing terhadap ilmu dasar tiap-tiap personel,  dasar – dasar dinas dalam di kapal dan pengetahuan awal tentang KRI Posepa-870 dan KRI Escolar-871.

 

Menurut rencana salah satu kapal perang dari  jenis  PC 40 M produksi PT. Caputra Mitra Sejati Banten tersebut, yakni KRI Escolar-871 akan memperkuat jajaran Koarmada II yaitu Lantamal VII Kupang. Sedangkan KRI Posepa-870 mendapat penempatan di Lantamal-IX Ambon.

Sementara itu dalam amanatnya Dankolat Koarmada II menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan atas dedikasi para peserta latihan.  “Saya mengucapkan selamat kepada peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan ini. Dan saya sangat menghargai semangat, keseriusan dan kesungguhan para peserta dalam mengikuti latihan sehingga pembekalan ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar,” ujar Kol Mulyadi-sapaan karibnya.

 

“ Saya berharap kepada para peserta setelah mengikuti pelatihan ini, dapat mengaplikasikan apa yang telah didapatkan. Karena kalian sudah mempunyai bekal pengetahuan dan keterampilan untuk ditugaskan sebagai pengawak KRI Posepa-870 dan KRI Escolar-871. Dan diharapkan  pula kalian mampu mengembangkan diri dalam berbagai kesempatan, dengan senantiasa belajar dan berlatih guna menghadapi tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks,”  tegas Kol Mulyadi.

 

Kol Mulyadi juga menambahkan jika pelatihan KPPK sebagai bentuk implementasi dari himbauan Pangkoarmada II Laksda TNI I.N.G Sudihartawan kepada Kolat Koarmada II, untuk terus mencetak para prajurit yang profesional dan handal melalui pelaksanaan pelatihan dan praktek.

 

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kadisminperskoarmada II, perwakilan Sops Koarmada II, perwakilan Disadal dan para Danpuslat serta perwira staf Kolat Koarmada II.