Latihan Dasar Penyelamatan Kapal Selam, Masuki Tahap Penyampaian Prinsiap

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 14 Oktober 2020.

Hari ketiga Latihan Dasar Penyelamatan Kapal Selam Satsel Koarmada II memasuki tahap Penyampaian Perintah Persiapan (Prinsiap) Pangkogab kepada Dansatgasduk Search And Rescue (SAR) dan para Pangkogas, bertempat di Dermaga Kapal Selam Mako Koarmada II, Ujung Surabaya, Rabu (14/10/2020).

Dalam penyampaian prinsiap, Pangkogab yang diperankan oleh Dansatsel Koarmada II Kolonel Laut (P) M. Iwan Kusuma selaku Kawasdal memberikan gambaran situasi secara umum dari aspek intelijen dan operasi. Selanjutnya Pangkogab menyampaikan perintah persiapan kepada Satgasduk SAR untuk menyusun KUO operasi SAR sesuai   dengan proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM).

Latihan yang digelar kali ini melibatkan beberapa unsur pendukung diantaranya, Kri REM-331, KRI PRE-711, KRI RGL-933, Heli Panter, Tim Kopaska, Tim Penyelam dan Tim Kesehatan Koarmada II.

Sementara itu menurut Dansatsel Koarmada II, sesuai dengan perintah Pangkoarmada II Laksda TNI I. N.G. Sudihartawan selaku Direktur Latihan “ Selama proses latihan posko dalam Latihan Penyelamatan Kapal Selam, dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 berupa pelaksanaan Latposko di luar ruangan, pemanasan dan peregangan sebelum dan selama kegiatan serta penggunaan masker, hand sanitizer dan _physical distancing, “ terang Dansatsel.

(Hdx/Pen2).