Percantik Halaman Gedung Nala, Denma Koarmada II Tanam Pohon Pule

TNI AL, Koarmada II, Surabaya 12 Oktober 2020.

 

Upaya untuk mempercantik lingkungan Koarmada II tetap asri, Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Koarmada II Kolonel Laut (P) Herbiyantoko memerintahkan stafnya untuk melaksanakan penanaman pohon Pule, yang bertempat di halaman Gedung Nala Koarmada II Surabaya, Senin (12/10).

Dalam penanaman pohon kali ini, dibutuhkan tenaga yang ekstra, mengingat pohon tersebut besar dan tidak seperti bibit pohon yang lain dari biasanya ditanam oleh prajurit Denma.

 

Selain mempercantik keindahan halaman gedung, juga sebagai peneduh dari teriknya cahaya matahari, serta rimbunnya pohon pule juga dipercaya memiliki segudang manfaat.

 

Menurut Kolonel Herbiyantoko-sapaan karib Dandenma, “pohon Pule yang memiliki nama latin dari Alstonia scholaris ini merupakan jenis tanaman keras yang umumnya hidup di Pulau Jawa dan Sumatera. Pule banyak dijumpai di kawasan terbuka, bersemak atau hutan campuran, hutan primer atau sekunder, hutan jati, atau pinggir ladang pada ketinggian 50-1.500 mdpl. Pule juga umumnya tumbuh di daerah dengan suhu tahunan rata-rata 12-32 derajat Celcius” ujarnya.

Lebih lanjut Dandenma menyampaikan, “Pohon pule juga banyak digunakan karena daunnya yang mengkilat, rimbun, dan melebar ke samping. Karakter yang dimiliki membuat pohon pule dapat memberikan kesejukan di tengah teriknya cahaya matahari”, terangnya

 

“Kegiatan ini, selaras dengan himbauan Pangkoarmada II Laksda TNI I N. G. Sudihartawan, bahwa untuk terus menjaga keasrian Kesatrian Koarmada II, prajurit Denma tetap terus melaksanakan perawatan tanaman serta mengganti tanaman yang mati. sehingga menjadikan penampilan Kesatrian Koarmada II tampak baru dan segar”, terang Kolonel Herbiyantoko.

 

(Ndr/Pen2).