KRI Yos Sudarso-353, Kunjungi Satgas Pam Puter di Pulau Batek

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 12 Oktober 2020.

 

Dibawah kendali operasi Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo. KRI Yos Sudarso-353 yang tergabung dalam Operasi Tombak Sakti 20 dengan komandan Kolonel Laut (P) Rizky Prayudi, melaksanakan peninjauan dan penyaluran bahan kontak kepada Satgas Pam Pulau Terluar di Pulau Batek, Nusa Tenggara Timur, Jumat (9/10). Pulau Batek merupakan pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Distrik Oecusse, Timor Leste, perbatasan RI-RDTL.

 

Kedatangan Komandan KRI Yos Sudarso-353 beserta rombongan mendapat sambutan positif dari Dansatgas Pam Puter Pulau Batek Lettu Mar Ibrahim. Disamping itu, Komandan KRI Yos Sudarso-353 juga menyempatkan dirin untuk bertatap muka dengan para personil satgas yang terdiri dari 9 prajurit Yonif 5 Marinir dan 16 prajurit Yonif 744 Atambua.

 

“Kepada seluruh prajurit Satgas yang telah melaksanakan pengamanan selama 11 bulan di Pulau Batek, saya berpesan agar senantiasa  waspada terhadap potensi ancaman yang dapat menggangu kedaulatan NKRI melalui jalur laut. Disamping itu juga, tetap selalu jaga kekompakan dan kesehatan, serta soliditas antar satuan/matra laut”, ujar Kolonel Rizky-sapaan karib Komandan KRI Yos Sudarso-353, saat memberikan arahan.

 

Sementara itu, Dansatgas Pam Puter Pulau Batek merasa senang dan bangga atas kunjungan dari Komandan KRI Yos Sudarso-353 beserta rombongan yang sekaligus mengirimkan bantuan bahan kontak untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Ditempat terpisah, Komandan Guspurla Koarmada II menyampaikan, “kegiatan yang dilaksanakan kali ini selaras dengan arahan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G Sudihartawan kepada unsur gelar jajaran Koarmada II, bahwa disamping melaksanakan operasi, unsur gelar diharapkan juga peduli dengan para Prajurit yang bertugas di Pulau-pulau terdepan agar daya juang dan moril prajurit yang bertugas di pulau terdepan tetap terjaga”, terang Danguspurla.

 

(Ndr/Pen2)