Danguspurla Koarmada II, Pimpin” Briefing Awal” Latihan Penyelamatan Kapal Selam

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 12 Oktober 2020

 

Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, secara resmi memimpin “Briefing Awal “ Latihan Penyelamatan Kapal Selam TA. 2020, yang digelar oleh Satuan Kapal Selam Koarmada II, bertempat di Auditorium PuslatKaprang Koarmada II Surabaya, pada Senin (12/10).

Dalam kegiatan yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 15 hari tersebut. Rencananya akan diikuti oleh 300 personel yang terdiri dari unsur Satuan Kapal Selam (Satsel), Satuan Kapal Eskorta (Satkor), Satuan Kapal Cepat (Satkat), Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) serta Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska).

Dalam sambutan Pangkoarmada II yang dibacakan oleh Danguspurla Koarmada II menyampaikan, “bahwa semakin berkembangnya teknologi alutsista dan tantangan tugas yang semakin kompleks, TNI Angkatan Laut saat ini terus berupaya menambah kekuatan SSAT khususnya Kapal Selam, sehingga diperlukan adanya pengembangan kemampuan dan profesionalisme personel dalam mengawakinya”.

 

“Disamping itu, melalui latihan penyelamatan kapal selam sebagai implementasi dari upaya pembinaan prajurit Koarmada II, baik internal maupun eksternal, secara kontinyu dan terprogram,” terang Danguspurla

Lebih lanjut, Danguspurla menyampaikan beberapa penekanan Pangkoarmada II kepada seluruh peserta latihan antara lain,” Laksanakan latihan dengan serius dan penuh tanggung jawab, pahami pengetahuan dasar tentang penyelamatan kapal selam, bangun hubungan kerja sama dan kebersamaan antar sesama peserta , ikuti prosedur standar operasi dengan benar serta tetap jalankan protokol kesehatan dengan ketat selama pelaksanaan latihan”, pungkas Danguspurla.

 

(Rha/Pen2)