Lanal Yogyakarta Bersama Muspika Lanjutkan Program Ketahanan Pangan Di Posmat Congot Kulonprogo

Lantamal V, 07 Oktober 2020,—
Dalam rangka terus mendukung pemerintah mewujudkan program ketahanan pangan dalam situasi pandemi Covid-19, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II bersama jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dan warga masyarakat setempat melaksanakan Penanaman Ketela dan Sayuran bertempat di Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Congot Kec. Temon Kab. Kulonprogo Yogyakarta pada Rabu (7/10).

Penanaman ketela dan sayuran tersebut merupakan kelanjutan dari program ketahanan pangan TNI AL yang telah dilaksanakan oleh Staf Potensi Maritim (Potmar) Lanal Yogyakarta sebelumnya. Adapun pada pelaksanaan program ketahanan pangan TNI AL di Posmat Congot ini dengan penanaman 1.300 bibit ketela serta tanaman sayuran dengan metode tumpang sari antara lain cabai merah, tomat dan terong.

Pada acara seremonial penanaman ketela dan sayuran, Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek, S.E., D.S.D.S., M.A.S.S. yang diwakili oleh Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (P) Wahyu Hidayanto bersama unsur Muspika antara lain unsur Kecamatan Congot, Satrad 215/Congot, Koramil, Polsek dan Pospolair Congot, Kelurahan Jangkaran serta perwakilan tokoh masyarakat dan agama setempat. Turut hadir perwira staf Lanal Yogyakarta antara lain Pasops Mayor Laut (P) Yuhanit, Paspotmar Mayor Laut (K/W) Herlin Hestiowati, A.Md., Kasatkom Kapten Laut (E) Agus Murdianto, Kaurlidkrim Kapten Laut (PM) Rudy Satriya Graha, S.H., Dansatma Lettu Mar Prayitna, Papen Lettu Laut (P) Benu Purnomo, Danposmat Karangwuni Peltu Mar Agus Sumaryanto beserta anggota Posmat Karangwuni dan Posmat Congot, dengan personel terlibat kegiatan antara lain Satker Denpomal, Unit Intel, Satkom, Satma dan Potmar Lanal Yogyakarta.

Dalam sambutan Danlanal Yogyakarta yang dibacakan oleh Palaksa Lanal Yogyakarta, disampaikan beberapa hal antara lain pelaksanaan program ketahanan pangan TNI AL tahun 2020 oleh Lanal Yogyakarta dalam rangka penanggulangan bencana non alam penyebaran wabah Covid-19 dengan maksud dan tujuan guna membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI/TNI AL khususnya Lanal Yogyakarta.

Lebih lanjut Danlanal Yogyakarta menyampaikan program ketahanan pangan sangat diharapkan masyarakat terutama pada saat terjadinya bencana nasional non alam penyebaran wabah Covid-19, atas hal tersebut, TNI AL sebagai bagian pemerintah terus berupaya mengendalikan wabah Covid-19 dengan beberapa upaya, salah satunya program ketahanan pangan, TNI AL sejak awal sudah ikut aktif mendukung pemerintah dalam penanggulangan bencana non alam wabah Covid-19, merupakan wujud dharma bakti TNI/TNI AL guna membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kebersamaan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Semoga program ketahanan pangan TNI AL dengan penanaman ketela dan sayuran yang kita laksanakan hari ini dapat memberikan manfaat dan dapat diandalkan dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di wilayah kerja Lanal Yogyakarta” sebagai akhir sambutan Danlanal Yogyakarta.

Adapun Paspotmar Lanal Yogyakarta selaku ketua pelaksana program ketahanan pangan TNI AL wilayah kerja Lanal Yogyakarta pada kesempatan briefing personel menyampaikan bahwa untuk keberhasilan program ketahanan pangan peduli Covid-19, tidak lepas dari peran aktif seluruh personel mulai dari tahap penyiapan lahan dan bibit, penanaman serta perawatan, sehingga semua bibit yang ditanam dapat menghasilkan panen yang maksimal dan bisa dinikmati bersama sehingga akan kita lanjutkan program ketahanan pangan dengan sebaik-baiknya.