Pangkoarmada II Gelar Exit Briefing

TNI AL. Koarmada II, 6 Oktober 2020

 

Sehari jelang akhir masa jabatannya sebagai Panglima Komando Armada II, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto mohon pamit kepada seluruh prajurit dan anggota PNS Koarmada II melalui Apel Khusus sekaligus exit briefing yang digelar di Dermaga Madura, Ujung  pada Selasa (6/10).

Kepada seluruh prajurit dan PNS, Laksda Heru menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dan loyalitas yang mereka berikan selama kurang lebih satu tahun dirinya menjabat sebagai orang nomor satu di jajaran Koarmada II.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya selaku Panglima Armada II yang sudah hampir satu tahun menjabat di Koarmada II yang kita banggakan ini, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit dan PNS Koarmada II yang selama ini telah menunjukkan kerja keras, kerja ikhlas hingga tuntas sesuai dengan jabatan, kewenangan dan tugas yang dipercayakan,” tutur Laksda Heru saat mengawali pidatonya.

Untuk itu Laksda Heru berpesan agar mereka tetap menunjukan bahwa prajurit Koarmada II harus hebat, energik, responsif, dan unggul serta harus dapat dijadikan sebagai etalase TNI Angkatan Laut dengan sosok, figur dan profesional di bidang tugasnya.

 

Pada bagian lain dalam amanatnya, Laksda Heru juga menyinggung tentang sederet prestasi yang telah ditorehkan Koarmada II sejak dirinya menjabat sebagai Panglima mulai tanggal 15 Oktober 2019 lalu. Prestasi tersebut diantaranya, Koarmada II meraih Juara I pada Latihan Armada Jaya XXXVIII/2020, selanjutnya Koarmada II berhasil mengungkap peredaran narkoba di wilayah Lanal Nunukan.

 

“Disisi kemanusiaan, prajurit-prajurit Koarmada II juga berperan besar dalam proses evakuasi medis terhadap para pekerja WNI di MV Diamond Princess dan MV World Dream, serta upaya evakuasi medis lainnya di tengah Pandemi Covid-19,” terang Laksda  Heru.

 

Kesempatan apel khusus sekaligus exit briefing ini  juga dimanfaatkan Laksda Heru untuk mengenalkan calon pengganti dirinya sebagai Pangkoarmada II, yakni Laksda TNI ING Sudihartawan yang turut hadir pada kegiatan tersebut. Menurut rencana keduanya akan melaksanakan upacara serah terima jabatan yang akan dipimpin oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, pada Rabu esok (7/10) di Mabesal Cilangkap. Selanjutnya Laksda Heru akan mengemban jabatan baru sebagai Asrenum Panglima TNI.