UPACARA HUT KE-75 TNI TAHUN 2020 KOTA TARAKAN TERPUSAT DI MAKO LANTAMAL XIII

TARAKAN – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 TNI Tahun 2020 di wilayah Kota Tarakan dilaksanakan terpusat di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII), yakni di Gedung Serba Guna Mako Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (05/10/20).

Sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19, upacara HUT Ke-75 TNI Tahun 2020 dilaksanakan secara virtual berdasarkan Telegram Panglima TNI No. B/3575-02/23/01/Spers tanggal 30 September 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Upacara HUT Ke-75 TNI Tahun 2020 sebagai upaya mendukung percepatan pencegahan penyebaran Covid-19. Dengan tema, “Sinergi Untuk Negeri”, upacara kali ini dihadiri langsung oleh Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si., para Pejabat Forkopimda Kaltara dan Pejabat Utama Lantamal XIII.

Komandan Lantamal XIII dalam keterangan persnya menyampaikan bahwa, “sesuai dengan tema Sinergi Untuk Negeri, tentunya kita harus bekerja sama, bahu-membahu dan saling berkoordinasi seperti halnya yang dikatakan Bapak Presiden tadi, bahwa TNI tidak hanya bertugas melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) namun juga Operasi Militer Selain Perang (OMSP), disinilah letak sinerginya. Kapan itu OMSP, contohnya adalah saat pandemi Covid-19, kita bersama-sama masyarakat, Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya untuk saling bahu-membahu mengingatkan dan menjaga agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 hingga meluas, salah satu bentuk penanggulangannya yakni dengan cara melaksanakan rapid test massal kepada masyarakat maupun anggota, dikarenakan pertahanan saat ini tidak tidak hanya perang secara konvensional namun juga melalui perang non konvensional”.

Usai pelaksanaan upacara secara virtual, dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun dari Instansi TNI, Polri, Dharma Pertiwi serta Stakeholder Kota Tarakan sebagai wujud sinergitas yang nyata.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.