KESIAPAN RSAL SAMUEL J. MOEDA DALAM PERAWATAN PASIEN COVID-19

Lantamal VII – Untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan pasien yang diduga terjangkit Covid-19, Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) Samuel J Moeda melaksanakan simulasi penanganan pasien Covid-19, di RSAL Samuel J Moeda, Jl. Yos Sudarso No.5, Namosain, Kec. Alak, Kota Kupang, NTT. Jumat (02/10/2020).

Kegiatan simulasi yang dilakukan ini untuk mengantisipasi bila ada pasien dengan pengawasan Covid-19 masuk ke RSAL Samuel J Moeda. Pada pemeriksaan tahap awal pasien merupakan salah satu anamnesa untuk mengetahui keadaan kondisi pasien berupa pengukuran suhu badan pasien. Selanjutnya dilaksanakan skrining pasien Covid -19 dengan menggunakan form assesment untuk penilaian kasus pasien.

Apabila ada pasien yang datang maka pemeriksaan dilaksanakan di ruangan khusus, hal ini dimaksudkan untuk pemilahan pasien yang terindikasi dan masuk kriteria gejala Covid-19, sehingga tenaga medis dan pasien yang lain tidak tertular.

Dalam mendukung kesiapan menerima pasien Covid-19, RSAL Samuel J Moeda mengantisipasinya dengan melengkapi personel, alat kesehatan, sarana dan prasarana serta prosedurnya, menyiapkan tempat ruang disinfektan bagi perawat isolasi setelah kontak dengan pasien, nurs stasion ruang isolasi pasien Covid-19 dan ruang isolasi pasien Covid-19 itu sendiri

 

/ Dispen Lantamal VII