Jelang HUT Ke-75 TNI, Lanal Yogyakarta Bersama Jajaran TNI DIY Gelar Ziarah Nasional Di TMP

Lantamal V, 02 Oktober 2020,—
Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 5 Oktober 2020 mendatang, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II bersama jajaran TNI wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Semaki Kec. Umbulharjo Yogyakarta pada Jumat pagi (2/10).

Upacara ziarah nasional kali ini bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Komandan Resort Militer (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P dengan Komandan Upacara (Danup) oleh Kasiops Kodim 0734/YKA Letkol Cba Yoyo Wahyono serta dihadiri para pejabat TNI wilayah DIY antara lain Dandim 0734/ YKA Kolonel Arm Tejo Widhuro, S.Sos., M. Si, Danlanud Adisucipto Marsma TNI Ir. Bob Henry Panggabean, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek, S.E., D.S.D.S.,M.A.S.S. yang diwakili Palaksa Lanal Yogyakarta Mayor Laut (P) Wahyu Hidayanto, para pejabat staf Korem 072/Pmk, Kodim 0734/YKA, Lanal Yogyakarta dan Lanud Adisutjipto.

Adapun pasukan upacara terdiri dari 1 kelompok gabungan Pamen TNI, 1 kelompok gabungan Pama TNI, 1 kelompok kesatuan TNI AD dari Yonif 403/WP, 1 kelompok kesatuan TNI AL dari Lanal Yogyakarta, 1 kelompok kesatuan TNI AU dari Lanud Adisutjipto, 1 kelompok gabungan PNS TNI dan 1 kelompok gabungan Ibu Dharma Pertiwi DIY terdiri dari Ketua Persit KCK Koorcab Rem 092/Pmk Ny. Cristine Ibnu Bintang Setiawan beserta pengurus, Ketua Jalasenastri Cabang 8 Korcab V DJA II Ny. Irma Aminuddin Albek beserta pengurus, Ketua PIA Ardya Garini Lanud Adisutjipto Ny. Imelda Bob Henry Panggabean beserta pengurus.

Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh Irup dan diakhiri dengan tabur bunga oleh unsur pimpinan TNI dan para Ibu Ketua dan pengurus Dharma Pertiwi serta seluruh peserta upacara.

Dalam kesempatan yang sama jajaran Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Lanal Yogyakarta bersama jajaran TNI di wilayah kerja juga melaksanakan upacara ziarah nasional antara lain ziarah di TMP Bhakti Pertiwi Wonosari Kab. Gunungkidul dihadiri oleh Komandan Posal (Danposal) Sadeng Peltu Sba Haji Teguh beserta anggota dan ziarah di TMP Giripeni Wates Kab. Kulonprogo yang dihadiri Danposal Karangwuni Peltu Mar Agus Sumaryanto beserta anggota.

Menurut Danlanal Yogyakarta usai menerima laporan kegiatan mengatakan bahwa “Upacara ziarah nasional dan tabur bunga ini tak hanya semata-mata untuk memberikan penghormatan dan menaburkan bunga di pusara para pahlawan kusuma bangsa, akan tetapi diharapkan menjadi bahan renungan bagi generasi penerus masa kini dan masa yang akan datang dalam melanjutkan perjuangan”, tegas Danlanal Yogyakarta.