Diatas Geladak KAL Rajegwesi II-5-40, Danlanal Banyuwangi bersama Dandim 0825 Tabur Bunga ditengah Selat Bali

Lantamal V, 02 Oktober 2020,—
Menghormati pahlawan yang gugur di laut sebagai pejuang samudera, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada II Letkol Laut (P) Joko Setiyono, S.E., M.Tr.Hanla bersama Komandan Kodim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, S.I.P, tabur bunga bersama ditengah Selat Bali, Jum’at (2/10).

Diatas geladak KAL Rajegwesi II-5-40, tabur bunga dilaksanakan merupakan rangkaian peringatan HUT ke-75 TNI tahun 2020, diikuti Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan, perwira staf Lanal Banyuwangi dan Kodim 0825, bintara, tamtama dan Jalasenastri Cabang 6 Lanal Banyuwangi dan Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXIX Kodim 0825 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Danlanal Banyuwangi mengatakan, tabur bunga di tengah laut itu sebagai penghormatan kepada pahlawan yang gugur sebagai pejuang samudera pada banyak peristiwa heroik pertempuran laut, diantaranya yang sangat terkenal Pertempuran Laut Aru yang terjadi pada 15 Januari 1962, di Laut Aru, Maluku dan Komodor Yos Sudarso gugur sebagai pahlawan beserta awak RI Matjan Tutul (650).

“Selain itu, di Selat Bali ini pernah terjadi pertempuran laut pertama dalam sejarah Republik Indonesia, yang dikenal dengan Operasi Lintas Laut Jawa – Bali oleh Pasukan “M” di komandani Kapten Markadi, bukti itu dengan berdirinya monumen Lintas Laut Jawa – Bali di kawasan hutan Cekik, Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali”. terang Danlanal Banyuwangi.