KADISPOTMAR LANTAMAL XIII BERSAMA STAF LITBANG PT AB JAMBORA LAKSANAKAN OBSERVASI LAHAN KETAHANAN PANGAN LANTAMAL XIII

TARAKAN – Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan Letkol Laut (P) Andi Susanto bersama Staf Research and Development (R and D) atau dikenal juga dengan istilah Staf Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dari PT AB Jambora melaksanakan observasi Lahan Ketahanan Pangan Lantamal XIII yang berlokasi di samping Gedung Mako Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (31/08/20).

Hadir langsung Direktur PT AB Jambora Bapak Khoiruddin, S.E. yang didampingi timnya yakni, Direktur Bangtek Bapak Agus Prasetyo Budiawan STp dan Staf R and D Bapak Haris Harum Manadi, kehadirannya tersebut dalam rangka berencana akan membuat demplot bersama untuk uji coba pengaplikasian pupuk dari pemanfaatan limbah sawit dan tambak sebagai pupuk dan pembenah tanah khususnya di Lahan Ketahanan Pangan Lantamal XIII.

Dalam keterangannya, Bapak Haris Harum Manadi menyampaikan bahwa, “Kami dari perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi pupuk dan pengembangan teknologi pertanian, perkebunan, peterakan dan perikanan. Kebetulan kami dalam pendampingan salah satu perusahaan pengolahan kelapa sawit di Kaltara yang konsen dalam pengolahan limbah cair dan padat untuk kita rubah menjadi pupuk premium yang dapat di gunakan untuk pemupukan kembali tanaman sawit dan tanaman pertanian lainnya, sekaligus kita berupaya mengubah stigma bahwa limbah sawit adalah limbah yang kurang manfaat, namun dapat kita jadikan produk yang mempunyai nilai jual. Selain pendampingan pada perkebunan sawit, kami juga melakukan pendampingan pada petambak yang saat ini sedang mengalami penurunan hasil panen, kami sedang berupaya melakukan penelitian menggunakan limbah sawit dan sisa limbah perikanan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil produksi tambak”.

Bersama Tim Satgas Ketahanan Pangan Lantamal XIII, dalam kesempatan tersebut telah dilaksanakan uji coba POC berbasis limbah perikanan terhadap beberapa tanaman yang ada di Lahan Ketahanan Pangan Lantamal XIII, dengan harapan dalam beberapa hari ada perubahan pertumbuhan yang signifikan.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.