PRAJURIT POSAL LABUAN BAJO IKUT OPERASI SAR ABK KAPAL LABO HOME YANG HILANG TENGGELAM DI PERAIRAN PULAU LASSA KOMODO

Lanal Maumere – Prajurit Posal Labuan Bajo dan Tim SAR Gabungan Kabupaten Manggarai Barat melaksanakan Pencarian dan Penyisiran terhadap ABK Kapal Labo Home yang terjatuh dan Tenggelam di Perairan Pulau Lassa  Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Minggu (390/08/2020).

Pelaksanaan SAR terhadap Korban atas nama Ary Romanto, 35 tahun ABK Kapal Labo Home yang tenggelam dari Sekoci di Perairan Pulau Lasa Labuan Bajo kabupaten Manggarai sampai hari kedua pencarian belum ditemukan. Pencarian dan penyisiran ABK Kapal Labo Home yang terjatuh dari Sekoci dan tenggelam di Pulau Lassa Perairan Pulau Komodo, oleh Tim SAR Gabungan Kabupaten Manggarai Barat di hentikan dan akan dilanjutkan kembali pada Hari Minggu 30 Agustus 2020, dan Tim SAR Gabungan melaksanakan istirahat malam Di Rumah warga di Desa Komodo Pulau Komodo Kabupaten Manggarai Barat.

Di hari ketiga Tim SAR Gabungan melaksanakan Briefing dan Pembagian Tugas melaksanakan Operasi SAR Gabungan sesuai rencana Operasi : Speedboat Polair menyisir bagian utara dan bagian Timur Kampung Komodo dan RIB Basarnas menyisir bagian selatan dan barat Kampung Komodo.  Speedboat Blue Marlin tiba di lokasi dengan membawa peralatan selam selanjutnya Tim Penyelam melaksanakan Penyelaman pertama sebanyak 8 orang di Perairan Komodo dengan hasil Nihil.

Siangnya Tim SAR Gabungan melaksanakan Ritual bersama dengan Pemangku Adat Desa Komodo dilanjutkan dengan melaksanakan penyelaman kedua dengan area yang sama. Dan akhirnya Tim Penyelam berhasil menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia pada kedalaman 32 meter di Perairan Komodo di Koordinat 08 ° 35 ” 792′ S -119 ° 29 ” 631′. Selanjutnya Tim SAR Gabungan melaksanakan Evakuasi terhadap Jenazah korban untuk dibawa ke Labuan bajo dan akan diserahkan kepada Keluarga Korban.

Alat SAR yang digunakan : RIB 500 PK SAR Labuan Bajo : 1 Unit, Speeaboat Polair KP. P. Raijua 750 PK : 1 unit, Speedboat Balai TNK 500 PK : 1 unit, Speedboat KUPP 500 PK : 1 Unit, Speedboat Blue Marlin 150 PK : 1 Unit dan Kapal Nelayan setempat : 4 Unit.

Unsur Tim SAR Gabungan terdiri dari  : Rescuer Pos SAR Manggarai Barat empat orang, Pos AL Labuan Bajo satu orang, Pol Air Labuan Bajo tiga orang, Babinkamtibmas satu orang, BPBD Labuan Bajo satu orang.

 

By. Dispen Lantamal VII