KELABUHI REKAN BISNIS, ANGGOTA TNI AL GADUNGAN BERHASIL DIAMANKAN ANGGOTA POSAL ENDE

Lantamal VII – Personel gabungan Posal Ende dengan Polsek Ende Berhasil meringkus anggota  TNI AL Gadungan berisinial DS di tempat hiburan malam Resto & Bar PUB 999 Maumere, untuk penyelidikan lebih lanjut Oknum TNI AL Gadungan di bawah ke Polsek Ende Kota Jl. Gatot Subroto, Kel. Mautapada Kec. Ende Timur, Kab. Ende, NTT. Minggu, (30/08/20).

Berawal dari Posal Ende mendapat laporan dari sdr. Gugun warga Ende, bahwa sdr. Gugun telah ditipu oleh sdr. DS terkait bisnis Porang. Sdr. Gugun telah memberikan modal sebesar Rp. 40.000.000,- dengan iming-iming keuntungan 10 s.d. 20 Juta rupiah, setelah modal tersebut diberikan namun barang (Porang) tidak terkirim sehingga pemesan dari Surabaya mengejar ke saudara Gugun. Kemudian Saudara Gugun menghubungi sdr. DS namun HP yang bersangkutan tidak Aktif. Sdr. DS yang mengaku sebagai anggota TNI AL terhadap sdr. Gugun.

Setelah menerima laporan dari sdr. Gugun, anggota Posal Ende mencari informasi ke teman dekat sdr. DS a.n. sdr. Ano yang bertempat tinggal di Jl. Kelimutu. Setelah bertemu dengan sdr. Ano, didapat keterangan bahwa sdr. Ano terakhir kali bertemu dengan sdr. DS pada hari Jumat sekitar pukul 17.00 Wita, sdr. Ano mengantarkan ybs. mencari kos-kosan dan makan di RM. Padang Tiga Roda Jl. Kelimutu.

Dari informasi yang didapat kemudian Danposal Ende Lettu Laut (E) Heru E. menghubungi Pasintel Lanal Maumere Mayor Laut (P) M. Makruf, menjelaskan bahwa ada orang yang mengaku anggota TNI AL berinisial DS, telah menipu orang dan kabur menuju Maumere dengan seorang Wanita, rencana akan terbang ke Labuan Bajo, dan minta tolong dicari keberadaan sdr. DS di Maumere.

Pasintel Lanal Maumere beserta beberapa anggota Lanal Maumere mendatangi dan mencari informasi dibeberapa PUB wilayah Maumere dan ditemukan sdr. DS sedang buka Meja di PUB 999 bersama teman Wanitanya dan ikut bergabung di Meja sdr. DS. Ybs. mengaku anggota TNI AL yang mempunyai Bisnis di Ende. Selanjutnya Pasintel Lanal Maumere berkoordinasi dengan anggota Polres Sikka yang ternyata sudah ditembusi oleh Anggota Polsek Ende terkait sdr. DS sedang berada di PUB 999. Kemudian bersama-bersama meringkus sdr. DS di PUB 999 dan langsung dibawa ke Polres Sikka.

Setelah mendapatkan informasi kalau tersangka anggota TNI AL gadungan sudah ditangkap dan berada di Polres Sikka, Anggota Posal Ende dan anggota Polsek Ende yang tiba di Polres Sikka selanjut berkoordinasi dengan anggota Polres Sikka untuk membawa sdr. DS ke Polsek Ende untuk dimintai keterangan.

Modus Penipuan yang dilakukan oleh sdr. DS, dengan mengaku sebagai anggota TNI AL kemudian menawarkan ke orang-orang untuk usaha Porang yang didapat dari dataran NTT dengan harga murah dikirim ke Surabaya dan dijual dengan harga mahal sehingga mendapat keuntungan dua kali lipat yang membuat tertarik korbannya. Aksi penipuan yang dilakukan sdr. DS sudah berulang kali dan sudah merugikan orang banyak.

By. Dispen Lantamal VII.