KRI Sultan Hasanuddin-366 Bersihkan Pelabuhan Lebanon Pasca Ledakan

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 28 Agustus 2020

 

Usai melaksanakan tugas On Task ke-30 dalam misi perdamaian PBB UNIFIL di perairan Mediterania, Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL KRI Sultan Hasanuddin-366 jajaran Satkor Koarmada II melakukan aksi peduli berupa pembersihan di area dermaga Pelabuhan Beirut, Lebanon pada Rabu (26/8) waktu setempat.

 

Ledakan dahsyat yang menghantam pelabuhan tersebut pada tanggal 4 Agustus 2020 silam, menyebabkan sejumlah fasilitas mengalami kerusakan parah, serta meninggalkan puing dan juga sisa sampah.

 

Sesaat setelah kapal merapat di Dermaga 5,  dengan bergotong royong prajurit Satgas MTF segera membersihkan puing-puing serta sisa sampah pasca ledakan di sekitaran lingkungan dermaga.

 

” Selain pembersihan, mereka juga menginventarisir kembali perlengkapan material yang disimpan di gudang kontainer, dan memilih material apa saja yang masih bisa digunakan kembali, ” terang Komandan Satgas, Letkol Laut (P) Ludfy yang memimpin langsung aksi tersebut.

 

” Dengan kegiatan ini kita berharap sektor pelabuhan Beirut terutama Lebanon, dapat segera kembali pulih dan melaksanakan aktifitas seperti sedia kala, ” tegas Ludfy.

 

Ludfy pun menambahkan bila pembersihan yang mereka lakukan,  tak lepas dari tindak lanjut instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto saat memberi pengarahan kepada tim Satgas di Koarmada II. Yakni keberadaan Satgas MTF TNI bersama KRI Sultan Hasanuddin-366 di Lebanon, senantiasa memberi manfaat bagi masyarakat setempat guna mendukung terwujudnya perdamaian dunia.

 

(Nov/Pen2)