KRI Fatahillah-361 Diintai Pesawat Musuh Saat Operasi

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 28 Agustus 2020.

 

KRI Fatahillah-361 dengan Komandan Letkol Laut (P) Agus Setiawan yang sedang melaksanakan operasi Keris Sakti-20 dibawah kendali Operasi Guskamla Koarmada II mendapat niat permusuhan (Hostile Intent) dari kontak udara profile fighter bomber attack (FBA) saat bertolak dari Lantamal VI Makassar menuju daerah operasi.

 

Mendapat ancaman udara ini, KRI Fatahillah-361 melaksanakan peran tempur bahaya udara dengan tahapan deteksi, identifikasi, klasifikasi, aksi Self Defense, hingga pengarahan seluruh senjata anti udara kepada pesawat musuh.

 

Aksi tersebut merupakan latihan internal yang dilaksanakan oleh unsur-unsur BKO Guskamla Koarmada II, yang sedang operasi dalam rangka melatih kesigapan aksi peperangan anti udara. Pada Kamis (27/08/2020).

 

Agus-sapaan karib Komandan KRI FTH-361 saat dikonfirmasi mengatakan, “Latihan kali ini melibatkan unsur Pesawat Udara Casa U-6206 dan KRI Fatahillah-361 adalah untuk melatih kesigapan dalam mengantisipasi apabila terjadi kontak peperangan dengan pesawat udara, ” ujarnya.

 

“Hal tersebut merupakan arahan dan penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto dalam rangka melatih profesionlisme para pengawak KRI di jajaran Koarmada II serta melatih  kesiapsiagaan unsur di lapangan agar selalu selalu terjaga, ” pungkas Agus.

 

(Hdx/Pen2).