KONSISTEN BERKONTRIBUSI POSITIF DI WILAYAH PERBATASAN, LANAL MELONGUANE BINA DAN KIRIM DUTA COVID-19 PERWAKILAN PELAJAR KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Koarmada II. MELONGUANE (27/8/2020) – Dalam rangka terus berkontribusi positif bagi Kabupaten Kepulauan Talaud yang merupakan wilayah perbatasan perbatasan utara NKRI, Lanal Melonguane dibawah kepemimpinan Letkol Marinir Adi Sucipto, ST, M.Tr. Hanla konsisten membuat program edukatif dan inovatif guna mencegah penyebaran Covid-19, termasuk di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) khususnya menjelang diselenggarakannya sistim pendidikan tatap muka di sekolah-sekolah. Hal tersebut dilakukan guna mendukung kebijakan pemerintah di mana saat ini Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan salah satu Kabupaten berklasifikasi daerah hijau yang mendukung sistim pendidikan tatap muka.

Apabila sejak awal pandemi Covid-19 Lanal Melonguane telah membuat gerbang desinfektan di tiga pelabuhan utama pintu keluar masuk orang dan barang serta selalu aktif dalam kegiatan pengamanan, pengawasan, pemeriksaan kesehatan para penumpang yang naik turun di pelabuhan, kini menjelang diselenggarakannya sistim pendidikan tatap muka di Kabupaten Kepulauan Talaud, Lanal Melonguane membuat program pembinaan dan pengiriman Duta Covid-19 dari perwakilan siswa dan siswi binaan Lanal Melonguane untuk berperan aktif sebagai pelopor dan pemberi contoh kedisiplinan dalam pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 di sekolah-sekolah apabila nanti hal tersebut telah dilaksanakan. Perwakilan siswa dan siswi tersebut terdiri dari siswa/siswi sekolah tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK yang dipilih dari anggota Pramuka Saka Bahari dan Paskibra tingkat Kabupaten binaan Lanal Melonguane maupun siswa/siswi yang dianggap memiliki disiplin yang cukup tinggi, termasuk putra/putri dari prajurit Lanal Melonguane.

Selain memberikan pembekalan bidang kedisiplinan dan kesehatan, Lanal Melonguane juga memberikan perlengkapan sekolah standar protokol kesehatan Covid-19 (starter pack) kepada masing-masing siswa/siswi (Duta Covid-19) berupa tas sekolah yang dilengkapi dengan masker, face shield, hand sanitizer, tissue basah, vitamin, tempat bekal makanan, tempat minuman/tumbler, pin Duta Covid-19 serta piagam. Pembinaan kedisiplinan, pengetahuan kesehatan serta berbagai perlengkapan tersebut nantinya diharapkan dapat melindungi para siswa/siswi tersebut dari penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah maupun selama melaksanakan aktivitas sehari-hari. Upacara pelepasan Duta Covid-19 tersebut dilaksanakan di tepi pantai Mako Lanal Melonguane dengan dihadiri oleh seluruh prajurit Lanal Melonguane dan Jalasenastri serta mengundang pejabat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Talaud beserta perwakilan guru.

Berkaitan dengan hal tersebut, Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr. Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane menyampaikan bahwa Lanal Melonguane akan terus berupaya secara optimal dan konsisten untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, terutama di Kabupaten Kepulauan Talaud yang merupakan wilayah kerjanya. Hari ini adalah hari ke-167 kita berperan aktif, ujarnya menambahkan. Hal ini kita lakukan untuk membantu pemerintah daerah untuk menjaga agar Kabupaten Kepulauan Talaud agar tetap hijau dan semoga selalu hijau, demi kemajuan pembangunan daerah dan demi masa depan generasi penerus bangsa yang saat ini tengah duduk di bangku sekolah. Para Duta Covid-19 maupun siswa/siswi lainnya adalah generasi penerus kita yang perlu kita bina, didik, jaga dan lindungi dengan baik sehingga kelak dapat menjadi SDM yang unggul dan berprestasi demi masa depan bangsa Indonesia yang gemilang.

Mengakhiri pernyataannya, Perwira Menengah Korps Marinir yang pernah menjadi siswa teladan saat duduk di bangku SMP, mendapatkan bea siswa dari Dikdasmen Departemen Pendidikan RI saat duduk di bangku SMA serta secara rutin sering mendapatkan ranking/juara kelas sejak bangku SD ini menyampaikan harapannya semoga adik-adik Duta Covid-19 tersebut benar-benar dapat menjadi contoh dan pelopor bagi rekan-rekannya di sekolah serta agar semua pihak (guru, orang tua dan masyarakat) dapat bahu-membahu atau aktif berperan serta membantu pemerintah pusat dan daerah untuk nyelenggarakan sistim pendidikan tatap muka di Kabupaten Kepulauan Talaud yang sehat sesuai protokol kesehatan dan bebas dari ancaman Covid-19. Amanah/izin/kepercayaan untuk menyelenggarakan sistim pendidikan tatap muka ini harus kita dukung dan jaga dengan baik demi masa depan yang gemilang bagi putra-putri Talaud yang merupakan generasi penerus bangsa, semoga Tuhan YME selalu melindungi kita semua serta menjaga niat dan perbuatan sebagai ibadah, ujarnya sebagai penutup.