DANPOSAL ENDE IKUTI SOSIALISASI DAN PENYUSUNAN DOKUMEN RENCANA KONTIJENSI PENANGGULANGAN KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT

Lanal Maumere – Komandan Pos TNI AL (Danposal) Ende Lettu Laut (P) Heru Elfianto mengikuti pertemuan sosialisasi dan penyusunan Dokumen Rencana Kontijensi penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia di Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Ende oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang, bertempat di RM. Cita Rasa Jl. Kelimutu No. 59 Kelimutu, Ende Tengah, Kel. Kelimutu, Kab. Ende, NTT. Rabu (26/08/2020).

Dalam sambutan Bupati Ende yang dibacakan oleh Asisten II Sekda Ende menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar kita memiliki kesamaan pemahaman terkait penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat. Kita harus memiliki kemampuan deteksi dini dan respon cepat terhadap kasus penyakit yang terkategori dalam kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia, maka kita harus memiliki rencana penguatan baik dalam hal kapasitas kerja di pintu masuk maupun di wilayah sarana prasarana sumber daya manusia serta koordinasi atau kerjasama semua sektor.

Selain itu dengan kegiatan ini diharapkan melahirkan kesepakatan yang kemudian tersusunnya dokumen rencana kontijensi penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia atau di wilayah kerja pelabuhan laut Ende yang berada di wilayah pelabuhan Kupang di secara penuh sehingga dapat menghasilkan sebuah dokumen yang baik dari hasil pikiran kita bersama.

Adapun tujuan dari penyusunan dokumen kontijensi adalah untuk mengendalikan arus orang dan barang dalam rangka mengurangi resiko penularan penyakit yang mewabah / pandemi dengan sistim pengaturan implementasi  koordinasi lintas sektor yang baik.

Hadir dalam Kegiatan : Plt. Asisten II Sekda Ende Subhan Wanda,ST.MT., Kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Kupang Putu Alit Sudarma,SKM., Perwakilan Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal pencegahan dan pengendalian penyakit Kemenkes RI Herdiyansyah,SKM, M.Epid, Kabag Kesra Kabupaten Ende Usman Husen,SH, Kabag Ops Res Ende AKP I Wayan Oka Deswanta, Pasi Ops Kodim 1602/Ende Kapten Inf. Yulius Subnafeu, Danpos AL Ende Lettu laut (P) Heru Elfianto, Perwakilan KSOP Kelas IV-Ende, Perwakilan Dinas Kesehatan Kab. Ende, Perwakilan Bandara H. Hasan Aeroeboesman – Ende,  Perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Perwakilan PT. Pelindo III Cabang Ende, Perwakilan Puskesmas Kota Raja dan Rukun Lima Ende, Perwakilan Satpol Air Ende, Perwakikan Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Ende, Perwakilan PT. Pelni Cabang Ende, Perwakikan PT. Pertamina TBBM Ende, Perwakilan Lurah Tetandara dan Rukun Lima Ende.

 

By. Dispen Lantamal VII