Lantamal VI Makassar Laksanakan Uji Terampil L-1/L-2 di Kapal Perang KAL Mamuju II.6-64

 

Makassar, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar laksanakan uji terampil L-1/L2 di kapal perang KAL Mamuju II.6-64 yang pelaksanaannya dilakukan di perairan Selat Makassar, Rabu (26/08/2020).

Uji terampil tersebut merupakan latihan yang berkelanjutan untuk mengukur tingkat kemampuan dalam melaksanakan tugas secara profesional.

Komandan Komando Latihan (Dankolat) Koarmada II Kolonel Laut (P) Mulyadi, S.E., mengatakan dalam latihan L1-L2 kali ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan keterampilan personel serta pendukungnya termasuk Komando pengendaliannya saat kapal berlayar secara individu. Selain itu juga, untuk meningkatkan kemampuan personel secara perorangan maupun sebagai tim/kelompok, sehingga pada saatnya akan meningkatkan kemantapan Komando dan pengendalian pos-pos tempur sesuai prosedur secara tepat.

“Pada uji terampil ini dilaksanakan simulasi peran-peran, diantaranya peran tempur bahaya udara, peran tempur bahaya permukaan, peran melewati medan ranjau, peran kebakaran dan kebocoran, peran orang jatuh dilaut, selain itu diujikan juga material dan kesiapan perangkat lunak yang dihadapkan kepada tugas-tugas operasi sesuai fungsi asasinya”, ujarnya.

Pelaksanaan uji terampil ini pun berjalan dengan baik. Terlihat dengan sigap para ABK KAL Mamuju II.6-64 dibawah komando Komandan KAL Mamuju II.6-64 Kapten Laut (P) Sigit Wicaksana menjalakan apa yang telah menjadi target dari uji terampil ini.

Hadir mengikuti jalannya uji terampil ini, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP beserta Asintel Danlantamal VI, Asops Danlantamal VI serta Dansatrol Lantamal VI