SOSIALISASI HAPPY HIPOXIA PERSONEL LANAL MATARAM

Lanal Mataram – Paurkesla Balai Kesehatan Lanal Mataram Letda Laut (K/W) dr. Ardita Fransiska Pertiwi melaksanakan sosialisasi kepada personel Lanal Mataram mengenai Happy Hipoxia syndrome sebagai salah satu bentuk gejala terpapar covid-19 di Lapangan Apel Mako Lanal Mataram, Jalan Malomba No.2, Ampenan, Kota Mataram, NTB. Senin (24/08/2020).

Dalam sosialisasi setelah pelaksanaan apel pagi tersebut, Paurkesla Balai Kesehatan Lanal Mataram Letda Laut (K/W) dr. Ardita Fransiska Pertiwi menjelaskan tentang salah satu bentuk dari gejala dari pasien Covid-19 yang mengalami happy hypoxia sydrome, yakni kondisi seseorang dimana nampak biasa biasa saja, sehat bugar namun kadar saturasi oksigen rendah dalam tubuh yakni kurang dari 95%. Dimana saat seseorang mengalami hypoxia, maka biasanya ada gejala yang ditunjukkan sejak awal, seperti sesak napas, kuku dan bibir semakin membiru, gelisah dan tubuh makin melemah, bahkan penurunan kesadaran.

Selain itu juga dijelaskan bagaimana aksi atau tindakan pertama bagi pasien covid-19 yang mengalami hypoxia adalah dengan pemakaian ventilator oksigen dan monitor pengecekan saturasi oksigen secara berkala.

Diakhir sosisalisainya Paurkesla Balai Kesehatan Lanal Mataram Letda Laut (K/W) dr. Ardita Fransiska Pertiwi mengingatkan kepada seluruh personel Lanal Mataram tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan guna mencegah Covid-19. Karena mengingat Happy Hypoxia Syndrome tidak bergejala, dan sulit dibedakan dengan pasien penyakit lainnya maka seluruh prajurit dan keluarga dengan bersama-sama tetap disipilin dalam memakai masker saat bergiat diluar rumah, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah bergiat di air mengalir. Demi melindungi diri kita dan orang-orang terdekat kita dari penyebaran covid-19.

By. Dispen Lantamal VII